Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Melihat 7 Manfaat dan Pentingnya Peranan Teknologi Informasi dalam Bisnis

Melihat 7 Manfaat dan Pentingnya Peranan Teknologi Informasi dalam Bisnis
Teknologi informasi dan bisnis merupakan dua hal yang saling berkaitan. Apalagi di zaman sekarang ini dimana pesatnya kemajuan zaman tidak bisa lepas dari perkembangan teknologi itu sendiri. Selain berperan besar dalam aktivitas sehari-hari, teknologi juga sangat bermanfaat dalam bisnis. Lalu apa sajakah peranan teknologi informasi dalam bisnis yang mungkin belum kita ketahui? Daripada bertanya-tanya, mari kita simak langsung ulasannya berikut ini!

Baca juga : 6 Bisnis Bidang IT Untuk Pemula Dengan Modal Kecil

Mengenal Sekilas tentang Hubungan Teknologi Informasi dan E-Commerce

Berbicara mengenai peranan teknologi informasi dalam bisnis, tentunya tidak akan bisa lepas pula dari yang namanya e-commerce. Secara singkat, teknologi adalah suatu hal yang digunakan untuk membuat, mengubah, hingga mengelola dan menyimpan informasi. Dalam bisnis, hal ini tentu sangatlah penting keberadaannya. Tanpa teknologi, bisnis akan berjalan dengan tidak memiliki rekam jejak yang valid. Bisa-bisa, bisnis malah akan mengalami kerancuan informasi karena tidak tersistemnya data-data yang dimasukkan. Berbeda jika menggunakan teknologi, bisnis dapat berjalan dengan lancar dan terintegrasi dengan sistem secara maksimal.

Baca juga : Peluang Bisnis Sederhana Bagi Lulusan SMK

Para pelaku bisnis di Indonesia pasti tahu bagaimana tidak terpisahkannya teknologi dengan geliat usaha e-commerce mereka. Salah satu jenis bisnis yang dalam prakteknya dikelola dengan bantuan layanan internet ini memang menjelma menjadi tren tersendiri. Banyak pebisnis e-commerce bermunculan lantaran mudahnya transaksi yang dilakukan. Mereka bisa melakukan penjualan dan pembelian tanpa memerlukan banyak ruang dan waktu. Bisnis ini bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Dengan bantuan internet pula, promosi bisnis juga bisa dilakukan tanpa repot-repot mengeluarkan biaya untuk banner dan semacamnya. Salah satu contoh perkembangan bisnis e-commerce di Indonesia adalah adanya situs-situs penjual online seperti Shopee, Tokopedia, hingga Elevenia dan lain sebagainya.

Manfaat Teknologi Informasi dalam Bisnis

Bisnis dengan pemanfaatan teknologi sejatinya meman memiliki sejuta manfaat. Adapun beberapa manfaat yang juga termasuk peranan teknologi informasi dalam bisnis adalah sebagai berikut :

1. Monitor Laporan Tiap Hari

Dengan adanya teknologi, laporan bisnis dapat dengan mudah dicek tiap harinya. Anda hanya tingal memasukkan data terkait bisnis secara rinci setiap saatnya dan sistem akan mengelola data tersebut dengan sendirinya. Berbagai aplikasi pengelola laporan juga telah dirilis banyak pengembang hingga Anda hanya tinggal memilih mana yang sesuai dengan bisnis Anda. Selain memudahkan monitoring, Anda juga tidak perlu pusing-pusing memfotocopy laporan jika ingin mengirim ke relasi atau mitra kerja. Cukup membuat file dokumen dan mengirimkannya via email, maka laporan sudah dapat dibaca relasi kapanpun dan dimanapun mereka ada saat itu juga. Tentunya hal ini lebih mudah dibandingkan dengan cara pencatatan konvensional.

2. Menghemat Biaya Produksi dan Biaya Operasional

Dengan memanfaatkan teknologi, maka Anda selaku pebisnis dapat dengan mudah menekan biaya produksi dan biaya operasional. Misalnya saja produsen yang memproduksi sendiri dengan pebisnis yang berperan sebagai reseller dan dropshiper. Pada zaman dahulu dimana perkembangan teknologi informasi masih terbatas, pebisnis yang ingin berjualan harus memiliki barang sendiri.

Jika mereka ingin menjualkan barang milik orang lain, mereka harus repot-repot datang ke tempat si penjual dan melakukan transaksi. Berbeda dengan zaman sekarang dimana kemajuan teknologi sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari kita. Untuk berjualan pun, orang yang tidak punya modal bisa dengan mudah menjadi pebisnis. Cukup dengan internet, maka Anda sudah bisa menjadi reseller dan dropshiper. Selain itu, transaksi juga cukup dilakukan secara online dan uang sudah ditangan.

3. Mudah untuk Promosi

Pebisnis yang ingin melakukan promosi tidak perlu mengeluarkan biaya dengan bantuan teknologi. Cukup dengan menayangkannya via sosial media, promosi sudah dapat dilakukan. Selain dijangkau lebih banyak orang, cara promosi seperti itu dapat menghemat biaya hingga 0 rupiah. Bahkan di masa sekarang ini, rasa-rasanya promosi via online lebih ampuh dibanding promo via offline.

4. Memudahkan Hubungan dengan Relasi Bisnis

Seperti yang sudah disebutkan di poin pertama, teknologi dapat membantu Anda mempercepat dan meringkas waktu pelaporan kinerja usaha kepada relasi bisnis. Jika dulu untuk memberi laporan seorang pebisnis harus membuat berlembar-lembar dokumen, sekarang ini pebisnis cukup dengan layanan internet saja.

Tidak hanya berupa laporan dokumen saja, kemajuan teknologi juga dapat digunakan dalam berkomunikasi. Rapat sekarang ini tidak harus datang ke sebuah tempat bersama-sama. Pebisnis di era milenial cukup dengan melakukan kontak via chat atau video call untuk membuat kesepakatan. Tentunya dengan beberapa pertimbangan yang sesuai dengan kebijakan perusahaan si pebisnis itu sendiri.

5. Menjaga Data Bisnis dengan Aman

Tidak seperti pencatatan data dengan cara manual yang membutuhkan banyak ruang dan pengamanan berlebih, teknologi dapat mempermudah penyimpanan data secara aman dan terpercaya. Anda bisa mencatat berbagai rahasia perusahaan dan cukup memproteksinya dengan password yang hanya diketahui oleh Anda, maka data sudah aman dan tidak tersentuh orang lain. Apalagi jika Anda menggunakan cloud untuk basis penyimpanan data. Selain ruang simpannya lebih besar, penyimpanan data dengan cara ini lebih dinilai tersusun dan terpercaya.

6. Memudahkan Transaksi Jual-Beli

Bukan hanya memudahkan hubungan dengan relasi, peranan teknologi informasi dalam bisnis juga untuk memudahkan penjual dengan pembeli dalam bertransaksi. Tanpa harus bertatap muka dan melakukan transaksi dengan menguras waktu dan tenaga, teknologi mampu membuat transaksi menjadi lebih mudah dan murah. Tanpa perlu keluar tenaga dan bertatap muka, penjual dan pembeli dapat melakukan transaksi bisnis. Biasanya, transaksi dilakukan melalui fitur chat dalam beberapa platform e-commerce. Meski hanya berupa chat, namun transaksi ini juga sama-sama bersifat mengikat.

7. Bisa Berbisnis Dimana Saja

Layaknya berbagai kemudahan lainnya, teknologi juga pada akhirnya membuat bisnis dapat dilakukan dengan menyenangkan dan fleksibel. Berbeda dari bisnis dengan toko offline yang membutuhkan tempat, barang-barang dalam bentuk nyata, dan juga hal-hal lainnya, berbisnis dengan bantuan teknologi lebih simple dan mudah. Anda bisa berbisnis dimana saja dan kapan saja sesuai keinginan.

Bisnis bisa dibawa mengikuti aktivitas keseharian Anda, misalnya dibawa saat berlibur, saat makan di restoran, atau dimana saja yang Anda singgahi. Bisnis juga bisa dilakukan selama 24 jam penuh dengan waktu yang tidak mengikat. Tentunya hal ini sangat menyenangkan. Inilah bukti nyata dari ungkapan bahwa sejatinya uanglah yang harus datang kepada kita, bukan kita yang datang kepada uang.

Demikianlah ulasan kali ini tentang peranan teknologi informasi dalam dunia bisnis. Dari berbagai penjelasan di atas, dapat kita ketahui bahwa bisnis sejatinya sangat mudah dilakukan. Kita juga menjadi tahu bagaimana perkembangan teknologi di Indonesia sangat memudahkan dan sangat menolong para pebisnis tanah air dalam menjalankan usahanya. Mulai dari penyediaan barang / jasa, ajang promosi, transaksi jual-beli, hingga pelaporan data perusahaan. Tentunya semua hal tersebut juga harus dijalankan dengan pengawasan dan sikap tanggung jawab yang baik sehingga teknologi dapat dikatakan dimanfaatkan secara baik. Bukan malah sebaliknya. Semoga ulasan ini memberi manfaat!