Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peluang Bisnis Sederhana Bagi Lulusan SMK

Peluang Bisnis Sederhana Bagi Lulusan SMK 2018
Menjadi Siswa SMK merupakan cita-cita saya semenjak saya berada duduk di kelas III atau IX di SMP. Pada saat itu saya merasa bahwa dengan memilih SMK maka saya akan mendapatkan ilmu yang dominan pada Praktik. Alhamdulillah apa yang saya bayangkan memang benar adanya bahwa siswa SMK pada dasarnya melaksanakan proses pendidikan yang mengutamakan Keterampilan.

Baca juga : Melihat 7 Manfaat dan Pentingnya Peranan Teknologi Informasi dalam Bisnis

Pada era saat ini lulusan SMK sangat banyak dan bersaing. Bahkan mereka harus bersaing dengan alumni setingkat Diploma dalam hal mencari pekerjaan. Akhirnya banyak siswa SMK yang tidak terserap pada dunia kerja yang sesuai dengan kompetensinya.

Siswa SMK sebenarnya juga dituntut untuk mandiri serta kreatif. Ini seiring dengan diperkuatnya mata pelajaran kewirausahaan yang diharapkan dapat melahirkan bibit-bibit wirausaha bagi siswa SMK yang siap dilepas menjadi alumni. Dengan status sebagai alumni SMK mereka diharapkan bisa menciptakan lapangan kerja bagi dirinya sendiri.

Baca juga : 6 Bisnis Bidang IT Untuk Pemula Dengan Modal Kecil

Dalam menjalankan usaha atau bisnis bagi lulusan SMK biasanya yang menjadi kendala utama adalah modal. Wajar setingkat SMK mereka masih dianggap sebagai anak remaja, sehingga akses untuk mendapatkan fasilitas tersebut bukanlah hal yang mudah.

Pada artikel ini duniatik.com akan berbagi informasi Peluang Bisnis Sederhana Bagi Lulusan SMK sehingga mereka pada akhirnya mampu memiliki penghasilan sendiri dengan modal yang sangat sedikit.

Peluang Bisnis Sederhana Bagi Lulusan SMK


1. Bisnis Jual Pulsa dan Token

Bisnis ini sudah lama ada dan hingga saat ini masih menjanjikan profit. Dengan laba keuntungan minimal Rp 500 per transaksi maka profit menjanjikan bisa diraih.

Selain berjualan pulsa, bisnis ini bisa dibarengi dengan menyediakan Token Listrik. Berbeda dengan pulsa, token listrik mampu meraih laba hingga Rp 1.500 per transaksi.

Untuk memulai bisnis ini bahkan tidak membutuhkan modal yang besar, cukup bermodalkan handphone serta melakukan deposit awal. Bisnis ini bisa dilakukan oleh alumni lulusan SMK dari semua jurusan.

2. Bisnis Pengetikan dan Cetak Dokumen

Dengan modal laptop dan printer, bisnis ini sudah bisa berjalan tanpa harus buka kios. Cukup pasang papan nama kecil didepan rumah "Menerima Jasa Pengetikan dan Print" maka alumni siswa SMK sudah bisa mendapatkan hasil.

Bisnis ini bisa dijalankan oleh alumni lulusan SMK dari jurusan Multimedia, Teknik Komputer Jaringan (TKJ), Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Administrasi Perkantoran, Akuntansi atau jurusan lain yang banyak menggunakan komputer pada saat menempuh pendidikan di SMK.

3. Menjadi Teknisi Komputer

Bagi alumni lulusan SMK dari jurusan Teknik Komputer dan Informatika, urusan bongkar serta memperbaiki komputer hingga laptop sudah menjadi keterampilan dasar mereka pada saat masih aktif sebagai siswa SMK baik untuk jurusan Multimedia, TKJ serta RPL.

Bisnis ini bisa dimulai dari kamar kost dengan promosi melalui social media dan media lainnya. Bagi mereka yang sukses dibisnis ini akhirnya membuka toko yang tidak hanya menerima layanan perbaikan tapi juga menjual spare part hingga aksesoris komputer.

4. Menjadi Seorang Graphic Designer

Bisnis dibidang Graphic Designer biasanya diisi oleh alumni lulusan SMK dari jurusan Multimedia atau jurusan lain yang ada kaitannya dengan dunia grafis. Dengan promosi di media sosial seperti design logo bisa menjadi langkah awal.

Bahkan jika memiliki kemampuan desain yang handal, duniatik.com merekomendasikan bergabung di upwork.com untuk menjadi seorang freelancer dengan bayaran dollar.



5. Menjadi Seorang Blogger

Salah satu bisnis yang bermodal kecil adalah menjadi penulis blog atau biasa disebut blogger. Untuk menjadi seorang blogger hal yang paling penting adalah kemampuan menulis dengan baik dengan benar.

Dengan menjadi seorang blogger maka penghasilan yang didapat bisa melalui periklanan yakni Google Adsense. Untuk menjadi seorang blogger bisa anda mulai dengan belajar cara membuat blog atau bisa bergabung di Grup Facebook Blogger Indonesia. Disana anda akan belajar bersama blogger lain yang tentunya mempunyai visi sama dalam memilih profesi sebagai seorang blogger.

Baca juga : 3 Alat Yang Wajib Dimiliki Seorang Blogger

6. Menjadi Seorang Youtuber

Mudahnya akses internet bahkan dengan harga yang murah pada provider tertentu menjadikan smartphone sangat diburu jika ada yang baru. Smartphone dengan fitur canggihnya mampu membantu pengguna untuk memanfaatkan semua fitur tersebut.

Salah satu fiturnya adalah Youtube. Dengan aneka ragam tayangan di youtube memberikan kesempatan bagi Youtube Content Creator atau biasanya disebut dengan Youtuber untuk membuat kontennya sendiri.

Penghasilan yang diperoleh perbulan diraih melalui tayangan iklan Google Adsense. Untuk menjadi seorang youtuber dibutuhkan konsistensi dan tekat yang sungguh-sungguh karena persaingan yang sangat ketat.

Hasil yang diperoleh pun tidak sembarang dan bahkan sepadan dengan perjuangan dalam membesarkan channel. Sebut saja Bayu Skak, Miaw Aug, Ria Ricis, Agung Hapsah dan youtuber Indonesia lain yang sudah terkenal lebih dahulu.

Penutup

Sekarang anda tentukan sendiri mana yang paling cocok untuk dikerjakan. Pilihlah yang anda sukai, jalani dengan ikhlas dan sungguh-sungguh. Jika pada akhirnya mampu menghasilkan penghasilan rutin perbulan , gunakan hasil tersebut untuk pengembangan diri dengan belajar atau mengikuti pelatihan.

Demikianlah artikel Peluang Bisnis Sederhana Bagi Lulusan SMK ini saya bagikan kepada anda khususnya alumni lulusan SMK. Semoga dengan adanya artikel ini siswa-siswi lulusan SMK bisa mandiri dan mampu menciptakan peluang bagi dirinya sendiri bahkan orang lain. Salam TIK.