Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Bisnis Bidang IT Untuk Pemula Dengan Modal Kecil

6 Bisnis Bidang IT Untuk Pemula Dengan Modal Kecil
Era tahun 2019 ini disebut-sebut sebagai era milenial dimana era ini adalah pesatnya perkembangan dunia TIK atau Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Baca juga : Melihat 7 Manfaat dan Pentingnya Peranan Teknologi Informasi dalam Bisnis

Dengan perkembangan yang begitu pesat banyak hal yang berubah dari konvensional ke mode digital. Sebut saja dibidang Pendidikan contohnya, Ujian Nasional yang dulunya menggunakan model Kertas Pensil (KP) kini sudah bergeser dengan memanfaatkan Teknologi Informasi yakni UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer).

Baca juga : Peluang Bisnis Sederhana Bagi Lulusan SMK

1. Jasa Penulis Content Blog

Dengan kemampuan menulis yang baik serta wawasan luas, bisnis ini layak anda coba. Semakin bagus kualitas tulisan yang anda hasilkan bisa memberikan jaminan pelanggan setia. Bahkan jika hal ini konsisten anda lakukan. bukan tidak mungkin bisnis anda semakin besar hingga pada akhirnya anda akan memiliki tim penulis content.
Untuk memulai bisnis sebagai Jasa Penulis Content Blog, modal yang dibutuhkan adalah perangkat laptop dan koneksi internet.

2. Reseller Domain

Menjadi reseller (penjual kembali) mempunyai keasyikan dan keuntungan tersendiri. Cukup dengan modal Deposit maka anda sudah bisa berjualan domain dengan harga lebih murah dari konsumen umum. Sehingga anda bisa menentukan margin keuntungan kepada konsumen.

Namun untuk menjalankan bisnis ini, setidaknya anda harus memiliki sebuah website sebagai tempat mempromosikan produk domain yang anda jual.

Setidaknya perkiraan modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis Reseller Domain adalah :
- Deposit reseller domain : Rp. 500.000,-
- Domain + Hosting untuk jualan : Rp. 300.000,-
- Total modal awal : Rp. 800.000,-



3. Reseller Hosting

Selain menjadi Reseller Domain, biasanya juga dibarengi dengan reseller hosting. Jadi dengan berjualan domain anda juga bisa sekaligus menawarkan paket hosting.

Keuntungan menjadi reseller paket hosting, anda tidak perlu mengurusi hal-hal teknis spesifik seperti Server dan sebagainya. Anda cukup menguasai pengelolaan manajemen paket hosting dan pengetahuan tentang penggunaan Cpanel sehingga anda bisa terlibat langsung untuk membantu konsumen.

Adapun perkiraan modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis Reseller Hosting adalah :
- Deposit reseller hosting : Rp. 1.200.000,-
- Domain + Hosting untuk jualan : Rp. 300.000,-
- Total modal awal : Rp. 1.500.000,-

4. Jasa Web Design

Masih ada kaitannya dengan bisnis Reseller Domain dan Reseller Hosting, jika anda memiliki keahlian dalam membangun sebuah website maka anda bisa menawarkan Jasa Pembuatan Website bagi konsumen yang membutuhkan. Jadi dalam satu website anda bisa menawarkan 3 produk sekaligus.

Modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis Jasa Web Design adalah :
- Laptop/komputer untuk design atau coding
- Domain + Hosting untuk jualan : Rp. 300.000,-
- Nomor telp aktif

5. Jasa Pembuatan Aplikasi Mobile

Saat ini pesatnya perangkat seluler khususnya smartphone menjadi lahan bisnis bagus dan potensial bagi anda yang memiliki keahlian dalam membuat aplikasi mobile. Dengan menawarkan jasa pembuatan aplikasi mobile anda punya kesempatan mendapatkan kesepakatan harga yang cukup besar.

Modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis Jasa Pembuatan Aplikasi Mobile adalah :
- Laptop/komputer untuk design atau coding
- Domain + Hosting untuk jualan : Rp. 300.000,-
- Nomor telp aktif

6. Jasa Pembuatan Logo

Membuat karya sebuah logo yang menarik namun dengan harga yang terjangkau serta masuk akal menjadi buruan konsumen yang membutuhkan logo untuk keperluan bisnis mereka. Logo bisa saja dibutuhkan untuk kop surat perusahaan atau logo website/blog.

Semakin banyak order yang anda terima maka semakin bertambah pula keterampilan anda dalam membuat logo serta melatih kepekaan anda terhadap kemauan konsumen.

Modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis Jasa Pembuatan Logo adalah :
- Laptop/komputer untuk design
- Domain + Hosting untuk jualan : Rp. 300.000,-
- Nomor telp aktif


Demikianlah artikel 6 Bisnis Bidang IT Untuk Pemula Dengan Modal Kecil ini dibuat. Semoga bermanfaat dan bisa memberikan inspirasi dan ide bagi anda yang berencana untuk menjalankan bisnis di bidang IT. Salam TIK.