Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi CBT Berbasis WhatsApp


Jika anda sebagai seorang Guru dan ingin melaksanakan kegiatan Penilaian dengan moda daring maka anda bisa memanfaatkan Aplikasi Ujian Gratis berbasis WhatsApp yang akan kita bahas pada tulisan ini.

Nama aplikasi ini adalah Kobar Pintar. Aplikasi ini adalah aplikasi CBT yang ringan karena aplikasi ini memanfaatkan WhatsApp sebagai media ujian. Selain ringan, aplikasi ini termasuk Aplikasi CBT Gratis yang bisa digunakan oleh anda sebagai Guru.

Kenapa WhatsApp ?

Sebagaimana yang kita ketahui, WhatsApp adalah aplikasi sejuta umat. Baik untuk pengguna android maupun IOS. WhatsApp sebagai media komunikasi menjadi aplikasi yang pasti ada di smartphone.

Selain itu, kemudahan cara penggunaannya pun menjadi daya tarik maka tak heran semua kalangan menggunakan WhatsApp sebagai media komunikasi chat hingga video call.

Teks oborolan whatsapp menggunakan paket data yang relatif kecil sehingga aplikasi CBT ini cocok untuk tingkat SD. Walaupun begitu untuk tingkatan sekolah lain pun bisa menggunakannya terutama daerah-daerah yang memiliki kapasitas Internet kecil.

Apakah WhatsApp Bisa Untuk Kegiatan Penilaian ?

Jawabannya bisa!. Dengan menggunakan aplikasi Kobar Pintar maka Penguji bisa melaksanakan kegiatan penilaian dengan mudah.

Transaksi data pada aplikasi WhatsApp khususnya text sangatlah kecil. Sehingga aksesnya pun mudah dan lancar walaupun dengan kondisi jaringan yang tidak optimal.

Fitur Utama Kobar Pintar

Salah satu keunggulan aplikasi Kobar Pintar ini adalah hasil jawaban peserta ujian bisa di analisa, rekap dan di unduh menjadi format Ms Excel.

Selain itu, anda sebagai guru bisa menetapkan Jadwal Ujian sehingga ada waktu khusus yang anda jadwalkan pada peserta ujian hingga menutup akses ujian.

Cara Mendaftar Aplikasi CBT Berbasis WhatsApp

Untuk mendapatkan akun sebagai admin sekolah anda cukup berkirim pesan ke pengelola aplikasi tersebut melalui laman web resmi Kobar Pintar.

Berikut ini langkah melakukan registrasi akun admin sekolah di Kobar Pintar :

Buka alamat www.kobarpintar.my.id, jika halaman tersebut sudah tampil, klik menu Registrasi Sekolah untuk permohonan akun admin sekolah.

Kirimkan permohonan sebagaimana contoh tersebut ke email yang tertera pada halaman pendaftaran akun. Isilah data dengan lengkap agar memudahkan dalam berkomunikasi dengan pengelola aplikasi tersebut.

Setelah dikirim maka selanjutnya anda tinggal menunggu balasan dari pengelola. Setelah mendapatkan balasan maka anda bisa memanfaatkan aplikasi tersebut untuk kegiatan penilaian.

Demikianlah artikel Aplikasi CBT Berbasis WhatsApp ini dibuat, semoga bermanfaat. Salam TIK.

Sumber gambar : Pixabay