Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Belajar HTML : Struktur Dan Kode Dasar HTML

Tutorial Belajar HTML : Struktur Dan Kode Dasar HTML
Tutorial Belajar HTML : Struktur Dan Kode Dasar HTML - Pada artikel ini akan diulas langkah-langkah belajar html dari awal mengenal struktur dan kode dasar HTML.

Pada dasarnya belajar html bukanlah hal yang sulit karena pada baris-baris kode html itu sangat mudah untuk dipelajari dan dipraktikkan. Jadi bagi yang ingin belajar html secara serius, maka anda berada pada halaman yang tepat di duniatik.com pada seri Tutorial Belajar HTML.

Jika anda berkunjung ke sebuah website, maka tampilan yang anda lihat pada layar adalah sebuah hasil dari kode html beserta kode-kode lainnya. Dalam hal ini kode html merupakan pondasi paling dasar yang digunakan untuk membuat dan menampilkan sebuah halaman website.

Oleh karena itu belajar html dimulai dari awal adalah langkah tepat yang anda lakukan untuk mengembangkan minat anda dalam membuat sebuah halaman website.

Pengertian HTML

HTML adalah sebuah singkatan dari Hyper Text Markup Language. HTML digunakan sebagai bahasa pemrograman untuk membentuk dan menampilkan halaman website.

Perangkat Lunak Untuk Membuat Halaman HTML

Untuk membuat halaman website yang masih dalam bentuk sederhana, khususnya dalam hal mempelajari HTML, maka kebutuhan yang disiapkan hanyalah sebuah text editor dan browser.

Text editor yang direkomendasikan oleh duniatik.com adalah Notepad++ yang bisa anda download secara gratis. Sedangkan browser disarankan untuk menggunakan Google Chrome atau Mozilla Firefox.
Download Notepad++
Sedangkan untuk membentuk halaman website yang lebih rumit dan kompleks, bisa menggunakan aplikasi editor seperti Adobe Dreamweaver hingga framework Bootstrap. Tentu saja untuk mempelajari dan menggunakannya membutuhkan keterampilan dan pengetahuan dasar tentang HTML.

Dapat diambil kesimpulan bahwa untuk membuat halaman website yang lebih rumit dengan tampilan menarik maka anda wajib mempelajari terlebih dahulu dasar-dasar kode html serta strukturnya.

Strukur Dasar dan Kode Dasar HTML

Buatlah kode berikut ini pada notepad++ kemudian simpan di sebuah folder dengan nama belajar.html
See the Pen
Struktur Dasar HTML
by Syarif Winata (@syarwin)
on CodePen.



Klik 2x pada file tersebut maka hasilnya adalah sebagai berikut :

Jika tampilan sudah seperti diatas, maka kode html pertama anda berhasil dibuat. Selamat!

Kesimpulan
Dari kode tersebut diatas dapat diambil kesimpulan bahwa kode html memiliki 2 bagian yaitu bagian head dan body.

Kode html biasa disebut dengan kata tag

Tag HTML memiliki tag pembuka dan tag penutup. Contohnya tag <body> maka ditutup dengan </body>.

Selain itu, prinsip dari html adalah saling mengapit kode lainnya, jadi tag <head> </head> dan tag <body> </body> diapit/dibungkus oleh tag <html> </html>

Penutup
Demikianlah materi pertama Tutorial Belajar HTML : Struktur Dan Kode Dasar HTML ini dibuat, dan selanjutnya akan diulas pada kode/tag html yang lain yaitu Text Heading.

Semoga tutorial ini bermanfaat dan membantu anda memahami kode HTML dari awal hingga mahir. Salam TIK.