Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Input Kehadiran Guru Di DHGTK Secara Manual

Cara Input Kehadiran Guru Di DHGTK Secara Manual
Cara Input Kehadiran Guru Di DHGTK Secara Manual - Salah satu administrasi pendidik/guru pada sebuah satuan pendidikan adalah Daftar Hadir yang diinput pada sebuah aplikasi secara online.

Aplikasi tersebut adalah DHGTK atau Daftar Hadir Guru Tenaga Kependidikan yang berfungsi untuk mencatat kehadiran seorang Guru dan Tenaga Kependidikan setiap hari di sekolah.

Adapun tujuan dari diadakannya aplikasi online ini adalah sebagai pemenuhan beban kerja guru sebagai pegawai yang secara keseluruhan paling sedikit 37,5 jam kerja dalam 1 (satu) minggu sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru.

Data Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan (DHGTK) dirancang untuk mempercepat proses pembayaran Tunjangan Profesi.

Oleh karena itu maka keaktifan guru dan tenaga pendidik sebagaimana disebutkan pada uraian diatas menjadi sangat perlu dan penting dalam mengisi/input/entri kehadiran di aplikasi DHGTK.

Saat ini aplikasi DHGTK bisa diisi dengan 2 (dua) cara yakni Cara Manual dan Finger Print. Dan pada artikel ini akan diuraikan cara input/entri data kehadiran Guru Di DHGTK tanpa Finger Print.

Tutorial Input Kehadiran Guru Di DHGTK Secara Manual

Untuk sekolah-sekolah yang jumlah gurunya sedikit, maka cara manual adalah cara yang paling efektif untuk digunakan. Sedangkan untuk sekolah besar yang jumlah gurunya sangat banyak maka menggunakan Finger Print adalah solusinya.

1. Buka Google Chrome/Mozilla Firefox kemudian ketik alamat : http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id

2. Klik pada menu Login Sekolah

3. Masukkan NPSN, user ID dan password serta kode keamanan

4. Setelah berhasil login akan tampil sebagai berikut :
tampilan DHGTK

5. Untuk melakukan entri kehadiran, klik menu Kelengkapan Sekolah - Entri Kehadiran

6. Pada bagian Kalender, pilih tanggal yang ingin diinput

7. Pastikan bahwa tanggal sudah sesuai dengan rencana data yang akan di entri

8. Lakukan entri masuk dan pulang pada setiap Guru dan Tenaga Kependidikan. Klik pada ikon kalender untuk Datang dan Pulang hingga status Akan Disimpan berubah menjadi biru.

9. Klik Simpan Semua yang ditandai

10. Untuk memeriksa apakah data sudah masuk bisa dicek dengan memilih menu Dashboard
Tampak pada gambar, guru dan tenaga pendidik yang hadir berwarna hijau dan terdapat rekaman data pada kolom Jam dan Durasi. Untuk mengecek tanggal lain, klik tanggal pada kalender untuk menampilkan data yang diiginkan.

Demikianlah artikel Cara Input Kehadiran Guru Di DHGTK secara Manual dan tanpa Finger Print ini dibuat, semoga bermanfaat. Salam TIK.