Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Setting Modem Speedy TP-Link TD-W8961N Menjadi AP

tutorial cara mengubah modem menjadi akses poin tp-link
Cara Setting Modem Speedy TP-Link TD-W8961N Menjadi AP - Bagi anda yang telah menggunakan Layanan Internet dari Speedy sejak lama dan masih memiliki Modem ADSL yang terdapat fitur Wifi ada baiknya modem tersebut disimpan. Karena Modem tersebut bisa kita gunakan sebagai Akses Poin jika suatu saat perangkat anda diganti atau diupgrade.

Baca juga : Cara Setting Wifi Mercusys MW305R

Beberapa waktu lalu saat bersih-bersih ruangan, saya menemukan sebuah perangkat yakni modem ADSL TP-Link TD-W8961N yang memiliki spesifikasi wifi dengan kecepatan hingga 300Mbps. Dan yang menggembirakan adalah perangkat ini masih berfungsi.

Dan pada akhirnya perangkat ini berfungsi sebagai Akses Poin dimana dengan adanya perangkat ini kita bisa memperbanyak titik-titik akses poin untuk diakses bersama tanpa membeli akses poin baru.

Tutorial Setting Modem Speedy TP-Link TD-W8961N Menjadi Akses Poin

1. Cek pada bagian bawah perangkat, disana terdapat beberapa informasi penting. Bila perlu catat seperti SSID, Pin, IP Address serta username dan password.
cara mengubah modem menjadi akses poin tp-link
2. Nyalakan perangkat kemudian lakukan Reset Modem Speedy TP-Link TD-W8961N dengan cara menekan dan tahan tombol reset. Jika lampu indikator power berubah menjadi merah lepaskan tombol reset.

Baca juga : Cara Setting Wifi Tenda O3

3. Setelah reset berhasil, maka sinyal/SSID yang akan tampil adalah seperti yang tercantum pada sticker. Perhatikan gambar berikut :
cara mengubah modem menjadi akses poin
4. Pilih sinyal/SSID tersebut kemudian masukkan Pin yang telah anda catat sebelumnya
cara mengubah modem menjadi akses poin, input pin
5. Setelah terkoneksi, buka browser dan masukkan alamat 192.168.1.254 akan tampil permintaan input username dan password. Username : support dan password : theworldinyourhand

6. Jika berhasil login, pilih menu Interface Setup - Wireless. Ganti SSID dengan nama yang baru. Sedangkan untuk password dalam contoh ini dipilih Disabled. Lakukan save
setting modem menjadi akses poin, ganti ssid
7. Hasilnya adalah akan tampil SSID baru. Lakukan connect terhadap SSID tersebut
cara mengubah modem menjadi akses poin, ganti ssid
8. Kembali ke pengaturan, pilih menu Interface Setup - LAN kemudian lakukan setting pada bagian DHCP aktifkan Relay

9. Pada bagian DHCP Server IP For Relay Agent diisi dengan IP Address DHCP server jaringan anda, dalam contoh ini adalah 192.168.0.254
setting mengubah modem adsl menjadi ap, dhcp relay
10. Lakukan save dan restart perangkat Modem

11. Pasang kabel UTP ke salah satu port LAN Interface (warna kuning) dan hubungkan ke perangkat jaringan lainnya (bisa switch atau modem)

12. Koneksikan perangkat anda ke sinyal/SSID

Baca juga : Membangun File Server Menggunakan Turnkey Linux

Demikianlah artikel Cara Setting Modem Speedy TP-Link TD-W8961N Menjadi AP ini dibuat. Semoga dengan adanya tutorial ini, perangkat-perangkat Modem ADSL anda yang tidak digunakan dapat bermanfaat dengan difungsikan sebagai Akses Poin. Salam TIK.