Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Aplikasi CBT Gratis Untuk Ujian Sekolah

3 Aplikasi CBT Gratis Untuk Ujian Sekolah
Peran penting Dunia TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dalam Dunia Pendidikan sangat banyak. Namun dalam perkembangannya ada beberapa yang perlu dicermati. Salah satunya adalah Proses Penilaian Belajar Peserta Didik.

Dalam proses belajar mengajar, peserta didik selain mendapatkan pengalaman belajar juga melaksanakan kegiatan yang biasa disebut dengan Proses Penilaian. Hal ini sejalan dalam bagian Standar Penilaian yang telah diatur oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Dengan majunya Peran Dunia TIK dalam Dunia Pendidikan, proses Penilaian juga bergeser. Dari kegiatan penilaian secara manual kini dilaksanakan dengan metode komputerisasi. Nama tenarnya adalah CBT atau Computer Based Test.

Menarik sekali bahwa dengan hadirnya aplikasi CBT ini maka proses penilaian menjadi lebih cepat dan efisien seperti mengurangi biaya penggandaan soal dan mempercepat koreksi hasil. Bahkan siswa sebagai peserta penilaian mempunyai pengalaman dalam Dunia TIK.

Aplikasi CBT yang dibangun pun beragam macamnya. Dari yang gratis hingga yang berbayar. Semua bisa didapatkan sesuai kebutuhan.

Download Aplikasi CBT Gratis

Berikut ini beberapa Aplikasi CBT Gratis yang bisa digunakan untuk kebutuhan ujian di sekolah anda:
1. e-Xam Caraka
Aplikasi ini adalah aplikasi CBT yang biasa digunakan untuk UKG (Uji Kompetensi Guru). Aplikasi e-Xam Caraka dapat digunakan secara gratis.
Untuk mendapatkan e-Xam Caraka anda wajib melakukan pengajuan dengan mengisi formulir dan dikirimkan ke email yang telah disediakan.

Aplikasi e-Xam Caraka sangat ringan karena menggunakan Sistem Operasi berbasis Linux.

Link Aplikasi : http://e-xam.kemdikbud.go.id/caraka/?mod=home

Untuk belajar cara menggunakan serta mengoperasikan aplikasi Exam Caraka anda bisa baca di : Kumpulan Tutorial e-Xam Caraka

2. AIOCBT
Jika anda pernah mendengar atau menggunakan aplikasi LMS (Learning Management System) maka sudah dipastikan anda juga mengenal Moodle.

AIOCBT adalah aplikasi CBT yang dibangun dari Moodle. Aplikasi ini banyak digunakan di sekolah terutama di Yogyakarta karena lahirnya AIOCBT adalah di kota tersebut.

Untuk mendapatkan VHD dari aplikasi AIOCBT, anda membutuhkan persetujuan terlebih dahulu dengan cara mendaftarkan NPSN dan Nama sekolah di : http://aiocbt.com

Untuk proses pembuatan serta pengelolaan aplikasi AIOCBT bisa anda baca di : Kumpulan Tutorial AIOCBT

3. GenbSoft
Halaman website GenbSoft ini sangat mirip dengan halaman web UNBK dari Kementerian Pendidikan. Aplikasi CBT GenbSoft ini juga bisa didapatkan secara cuma-cuma.

Link aplikasi : https://genbsoft.com

Demikianlah artikel 3 Aplikasi CBT Gratis Untuk Ujian Sekolah ini dibuat semoga bermanfaat untuk melaksanakan kegiatan penilaian berbasis digital di sekolah anda. Salam TIK.