Mencoba Linux Mint Sebagai Sistem Operasi Sehari-hari

Berawal dari tiba-tiba notebook harian yang saya gunakan untuk bekerja macet pada BIOS. Saya pun nekat mengalihkan penggunaan Windows menjadi ke sistem operasi berbasis linux. Terpilihlah Linux Mint.

Kenekatan ini tidak tiba-tiba. Awalnya saya mendapatkan notifikasi bahwa windows 11 yang saya gunakan tersedia update. Saya yakin tujuan update, untuk memperbaiki bagian-bagian yang memang sudah harusnya ditingkatkan.

Naas ternyata pasca update, laptop tersebut macet tidak bisa booting. Stuck di BIOS nya. Akhirnya saya berfikir mungkin ini kesempatan untuk keluar dari zona nyaman. 

Nah setelah baca sana-sini, ada beberapa pilihan yang mendominasi yakni Ubuntu dan Linux Mint. Pilihan akhirnya adalah Linux Mint.

Kenapa pilih Linux Mint?. Yang pasti penasaran karena belum pernah (sedangkan ubuntu ada di beberapa PC yang dijadikan server). Selain itu, Linux Mint adalah distro turunan dari ubuntu juga. Jadi mudah dalam pembiasaan di terminal.

Artikel blog ini adalah tulisan pertama menggunakan Linux Mint sebagai Sistem Operasi. Semoga saya bisa konsisten menggunakan Sistem Operasi ini.