Cara Restore Database ARKAS


Pada artikel sebelumnya telah diuraikan bagaimana cara melakukan Backup Database ARKAS, maka pada tutorial ini melakukan langkah sebaliknya yakni Restore Database ARKAS.

Apa itu ARKAS ?

Menurut laman resmi Kemdikbud ARKAS adalah Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah yang dijelaskan sebagaimana berikut ini :

Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah, selanjutnya disingkat Aplikasi RKAS merupakan sistem informasi yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengfasilitasi penganggaran, pelaksanaan dan penatausahaan serta pertanggungjawaban dana bantuan operasional sekolah di satuan pendidikan dasar dan menengah secara nasional.

Pengertian Restore Database ARKAS

Jika diterjemahkan arti kata Restore adalah mengembalikan. Dalam hal ini maknanya adalah langkah yang dilakukan oleh operator ARKAS untuk mengembalikan data ARKAS yang telah diamankan/di backup agar bisa digunakan kembali.

Seberapa Penting Melakukan Restore Database ARKAS ?

Langkah Restore dilakukan jika aplikasi ARKAS atau bahkan perangkat keras/hardware laptop/komputer yang terinstall ARKAS mengalami kendala. Umumnya jika laptop/komputer sudah sering bermasalah maka tindakan yang diambil adalah melakukan install ulang sistem operasi.

Setelah sistem operasi selesai maka diharapkan performa laptop/komputer ARKAS dapat digunakan kembali dengan lancar.

Disinilah pentingnya melakukan backup database ARKAS seperti yang pernah ditulis pada artikel sebelumnya karena setelah sistem operasi terpasang maka ARKAS pun akan diinstall ulang sehingga data yang lama pun tidak ada. 

Tujuan lainnya melakukan Restore Database ARKAS dapat membantu mengurangi tugas operator/bendahara untuk mengulang kembali input data dari awal. Bisa dibayangkan betapa repot dan banyaknya tugas operator/bendahara apabila lupa atau lalai dalam melakukan Backup Database ARKAS.

Kesimpulannya adalah Restore Database ARKAS bertujuan untuk mengembalikan data yang tersimpan terakhir untuk melanjutkan pekerjaan.

Tutorial Restore Database ARKAS

Berikut ini langkah-langkah melakukan Restore Database ARKAS :

  1. Pastikan bahwa aplikasi ARKAS sudah berfungsi dengan baik. Hal ini bisa dilihat jika membuka ARKAS pasti akan ada tampilan untuk melakukan Registrasi.
  2. Tutup aplikasi ARKAS
  3. Copy folder RKAS dari hasil backup yang telah dilakukan sebelumnya.
  4. Ketik perintah %appadata% pada kolom pencarian hingga ditemukan folder %appdata%. Klik pada folder tersebut.


  5. Jika benar akan tampil sebagai berikut :

  6. Buka folder ArtTech, maka akan ditampilkan sebagai berikut :

  7. Timpa folder tersebut dengan folder RKAS yang telah dibackup sebelumnya
  8. Selesai

Jika terdapat kendala dalam mengikuti tutorial ini, jangan ragu untuk menghubungi admin melalui halaman kontak.

Demikianlah tutorial Cara Restore Database ARKAS ini dibuat. Semoga bermanfaat.