Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Backup ARKAS Versi 3.0 Tahun 2021


ARKAS adalah Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah yang digunakan oleh Satuan Pendidikan untuk menyusun Program Kerja dan Anggaran dalam 1 tahun.

Aplikasi ini digunakan oleh Sekolah yang dioperasikan oleh Bendahara BOS guna memperoleh rancangan kerja dan kegiatan termasuk pembiayaannya selama 1 tahun dimana dana yang digunakan bersumber dari dana BOS.

Pentingnya Backup

Dalam perjalanannya operator ARKAS atau Bendahara BOS akan menggunakan aplikasi untuk memudahkan pelaporan kepada daerah dan pusat terkait penganggaran dan penggunaan dana BOS yang lebih baik dan rinci.

Tentunya aplikasi ini berjalan menggunakan komputer/laptop guna memenuhi tuntutan tata tertib perencanaan dan penganggaran.

Backup Data adalah kegiatan melakukan penyimpanan data terakhir untuk diamankan sehingga jika terjadi sesuatu pada perangkat yang menjalankan ARKAS tiba-tiba bermasalah dan akhirnya bisa digunakan kembali dengan data terakhir.

Oleh karenanya melakukan Backup menjadi kegiatan rutinitas yang dilaksanakan oleh operator Arkas atau Bendahara.

Tutorial Cara Backup ARKAS 2021

Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan Backup ARKAS menggunakan Windows 10 :

  1. Siapkan sebuah Folder pada Drive selain drive C. Atau bisa juga anda buat sebuah Folder di USB Disk/HDD Eksternal. Nama Folder tersebut boleh diberikan nama sesuai dengan tujuan Backup. Contoh : Backup Arkas Mei 2021

  2. Klik pada Icon Kaca Pembesar/Pencarian kemudian ketik %appdata% hingga muncul folder %appdata%. Perhatikan gambar berikut ini :


  3. Klik pada folder tersebut hingga nanti akan menampilkan sebagai berikut :

  4. Buka folder ArtTech maka akan ditampilkan sebuah folder bernama RKAS

  5. Copy folder RKAS tersebut, paste kan pada folder backup yang telah disiapkan sebelumnya dilangkah ke-1
  6. Selesai
Langkah-langkah tersebut pasti bisa anda lakukan karena langkahnya sangatlah mudah. Lakukanlah backup berkala agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan diluar dugaan. 

Demikianlah artikel Cara Mudah Backup ARKAS Versi 3 Tahun 2021 ini dibuat. Semoga bisa menjadi manfaat khususnya kepada anda yang bertugas sebagai operator ARKAS 2021. Salam TIK.