Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian VPS Hosting dan Daftar Penyedia VPS Murah

Pengertian VPS Hosting dan Daftar Penyedia VPS Murah
Pengertian VPS Hosting dan Daftar Penyedia VPS Murah - Pada Oktober 2019, admin duniatik.com menambah kategori artikel baru yakni VPS, dimana pada kategori ini admin duniatik.com akan membahas seputar VPS termasuk Review penyedia VPS di Indonesia dan Luar Negeri.

Buat pembaca yang belum mengenal apa itu VPS, ada baiknya menyimak tulisan berikut ini.

Pengertian VPS Hosting

VPS Hosting atau Virtual Private Server Hosting adalah sebuah layanan hosting dengan teknologi Virtualisasi berdasarkan server fisik yang disediakan. Teknologi VPS mampu membuat 1 atau lebih server lain dalam bentuk virtual sehingga pengguna VPS Hosting dapat memanfaatkan seluruh kemampuan (resources) dari server virtual tersebut tanpa mengganggu server virtual lain.

Perbedaan VPS vs Shared Hosting

Sudah pasti berbeda dong, Shared Hosting merupakan sebuah layanan dimana kita sebagai pengguna dapat meletakkan halaman web beserta databasenya pada server tersebut. Kondisi ini berlaku juga bagi pengguna lain. Nah oleh karena itu jika ada 1 account pengguna menggunakan resources yang besar maka akan mengganggu pengguna lain dikarenakan semua akun berada pada satu server fisik yang sama.

Sedangkan VPS Hosting yang menggunakan Teknologi Server Virtual maka resources yang digunakan pun sudah dialokasikan tersendiri pada Server Virtual tersebut tanpa mengganggu Server Virtual lain walaupun dari sisi fisik vps-vps tersebut berada sebuah fisik server yang sama.

Kapan Harus Berpindah ke VPS ?

Parameternya cukup sederhana. Jika layanan shared hosting anda sudah tidak mampu lagi melayani request dari pengunjung, maka otomatis anda membutuhkan VPS agar bisa memanfaatkan resourcenya secara maksimal.

Selain itu, biasanya jika layanan shared hosting yang kita gunakan sudah sangat dibebani dengan kunjungan tinggi, provider shared hosting tersebut menganjurkan untuk berpindah ke VPS.

Ada juga alasan lain untuk berpindah dari shared hosting ke VPS Hosting adalah untuk memberikan kebebasan dalam melakukan konfigurasi server tersebut dari mulai memilis Operating System hingga packet serta modul-modul yang dibutuhkan oleh server tersebut.

Teknologi Yang Digunakan VPS Hosting

Pembuatan server virtual pada sebuah server fisik menggunakan bermacam-macam teknologi. Dan setiap teknologi yang digunakan tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Berikut ini adalah macam-macam teknologi yang digunakan untuk membuat VPS Hosting :

1. KVM

Teknologi Virtualisasi KVM atau Kernel-Based Virtual Machine adalah sebuah teknologi virtualisasi yang dibuat dengan dasar/berbasis Kernel. Dikarenakan KVM ini menggunakan basis Kernel maka server virtual yang menggunakan KVM biasa disebut Virtual Dedicated Server (VDS).

Teknologi KVM yang digunakan pada server virtual / VPS menghasilkan performa yang lebih baik karena sifatnya yang berdiri sendiri dan bersumber pada perangkat keras server fisiknya.

Adapun kekurangan dari VPS yang menggunakan KVM adalah harga yang ditawarkan lebih mahal dibandingkan dengan VPS yang menggunakan teknologi OpenVZ.

Kelebihan dari VPS yang menggunakan KVM adalah performa yang begitu bagus dapat digunakan untuk melayani website dengan visitor yang banyak.

2. OpenVZ

Teknologi OpenVZ adalah teknologi yang banyak ditawarkan oleh penyedia layanan VPS Hosting. Hal ini dikarenakan harga langganan yang murah kepada pelanggan/pengguna VPS.

OpenVZ merupakan virtualisasi berbasis container pada sistem operasi linux dan bergantung kepada kernel host nya sehingga tidak bisa digunakan untuk menggunakan operating system selain dari linux.

Pada teknologi OpenVZ ada istilah over selling (peminjaman space HDD atau RAM). Seperti jika server pusat memiliki RAM yang besar kemudian diberikan kepada beberapa virtual server dengan ukuran yang dikehendaki oleh pemilik server.

Selain kedua teknologi diatas, ada lagi beberapa teknologi VPS yang ditawarkan seperti Xen. Namun admin duniatik.com tidak mengulasnya karena belum pernah punya pengalaman dalam menggunakannya.

Kesimpulan Antara KVM dan OpenVZ

Dari hasil uraian di atas, maka KVM memang memberikan kualitas yang terbaik namun tentunya dengan beban biaya yang lebih besar dibandingkan OpenVZ. Dan hal memilih mana VPS yang cocok, tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan yang direncanakan.

Dengan mengetahui teknologi yang digunakan dalam pembuatan Server Virtual (VPS) diharapkan anda mempunyai referensi dan pertimbangan dalam memilih layanan VPS yang ditawarkan karena setiap pemilihan teknologi VPS berdasarkan kebutuhan.

Daftar Penyedia VPS Murah

Berikut ini beberapa daftar penyedia Layanan VPS Murah baik yang ada di Indonesia maupun Luar Negeri :
1. Digital Ocean
2. Vultr
3. Linode
4. RamNode
5. VPSDime
6. Impact VPS
7. Buana dotnet
8. WHPlus
9. Connectindo

Demikianlah tulisan Pengertian VPS Hosting dan Daftar Penyedia VPS Murah ini dibuat semoga bermanfaat bagi anda yang sedang mencari informasi tentang layanan VPS yang ada di Indonesia. Salam TIK.