Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Beserta Manfaatnya

Pengertian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Beserta Manfaatnya
Pengertian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Beserta Manfaatnya - Salah satu tugas seorang guru adalah melaksanakan PTK atau Penelitian Tindakan Kelas. Kegiatan PTK ini biasanya dilaksanakan sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan kenaikan golongan kerjanya.

Namun selain hal tersebut diatas, melaksanakan PTK atau Penelitian Tindakan Kelas ternyata mempunyai manfaat yang sangat besar dan penting yakni untuk meningkatkan kualitas pembelajaran oleh guru itu sendiri atau oleh orang lain.

Baca juga : Permendikbud Yang Wajib Dibaca Oleh Guru

Mengingat pentingnya penelitian tindakan kelas tersebut diatas, guru hendaknya sudah mulai untuk melakukan dan meningkatkan penelitiannya baik secara kuantitas maupun kualitas.

Hakikat PTK Menurut Carr dan Kemmis

Menurut Carr dan Kemmis (1986), hakikat PTK adalah suatu bentuk penelitian refleksi diri (self reflective)  yang dilakukan oleh para partisipan dalam situasi sosial untuk memperbaiki rasionalitas dan kebenaran yakni :
1. Praktik-praktik sosial atau pendidikan yang dilakukan sendiri
2. Pengertian mengenai praktik-praktik tersebut
3. Situasi-situasi dimana praktik-praktik tersebut dilaksanakan

Hakikat PTK Menurut McNiff

Menurut McNiff (1992), hakikat PTK adalah sebagai bentuk penelitian reflektif yang dilakukan oleh guru sendiri yang hasilnya dapat dimanfaatkan sebagai alat untuk pengembangan keahlian mengajar. PTK merupakan penelitian tentang, untuk, dan oleh masyarakat/kelompok sasaran dengan memanfaatkan interaksi, partisipasi dan kolaboratif antara peneliti dan kelompok sasaran.

Definisi Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Penelitian Tindakan Kelas atau biasa disingkat PTK adalah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri dengan cara merencanakan, melaksanakan, dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan memperbaiki kinerja gurunya, sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat.

Terdapat beberapa jenis Penelitian Tindakan Kelas, diantaranya adalah tindakan perseorangan (individual action research) dan tindakan kelompok (collaborative action research). Selain itu Penelitian Tindakan termasuk dalam penelitian yang bersifat kualitatif walaupun data yang diperoleh bisa saja dalam bentuk kuantitatif.

Perbedaan Penelitian Tindakan Kelas dengan Penelitian Formal

Banyak yang salah dalam memahami PTK yang menganggap PTK sama dengan Penelitian Formal. Faktanya adalah Penelitian Tindakan Kelas berbeda dengan Penelitian Formal. Penelitian Formal bertujuan menguji hipotesis dan membangun teori yang bersifat umum. Sedangkan Penelitian Tindakan lebih bertujuan untuk memperbaiki kinerja, sifatnya kontekstual dan hasilnya tidak dapat digeneralisasi. Tetapi hasil dari penelitian tindakan dapat saja diterapkan oleh orang lain yang mempunyai latar belakang sama/mirip dengan peneliti.

Prinsip Dasar PTK

Sebelum melaksanakan PTK ada baiknya mengetahui terlebih dahulu tentang Prinsip Dasar PTK yakni :
1. Berkelanjutan. PTK merupakan upaya yang berkelanjutan scara siklustis
2. Integral. PTK merupakan bagian integral dari konteks yang diteliti.
3. Ilmiah. Diagnosis masalah berdasar pada kejadian nyata.
4. Motivasi dari Dalam. Motivasi untuk memperbaiki kualitas harus tumbuh dari dalam.
5. Lingkup. Tidak dibatasi pada masalah pembelajaran di dalam dan luar kelas.

Peran Guru dalam PTK

Dalam pelaksanaan PTK, guru harus berposisi sebagai pengajar dan sekaligus sebagai peneliti. Dan fokus penelitian tersebut adalah Kegiatan Pembelajaran.

Manfaat PTK

Dengan melaksanakan PTK diharapkan guru-guru mampu menghasilkan sebuah karya yang ujungnya dapat digunakan sebagai perbaikan diri yang menghasilkan kualitas pembelajaran yang lebih baik lagi.

Demikianlah artikel tentang Pengertian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Beserta Manfaatnya ini dibuat dan diharapkan dapat memberikan wawasan tambahan bagi anda yang akan mulai melaksanakan PTK atau Penelitian Tindakan Kelas.