Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memahami Pentingnya Peranan TIK dalam Dunia Pendidikan Indonesia

Memahami Pentingnya Peranan TIK dalam Dunia Pendidikan Indonesia
Seiring berkembangnya kehidupan manusia, maka zaman juga semakin berubah. Perubahan ini tidak hanya terjadi di satu aspek saja, melainkan ada di banyak aspek, salah satunya adalah perubahan dalam dunia pendidikan di Indonesia. Pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi tak ayal membuat metode pembelajaran juga ikut berkembang. Misalnya saja, jika dulu guru lebih banyak menjadi sumber informasi dan pengetahuan bagi siswa, di masa kini guru lebih sebagai pemberi arahan saja. Pasalnya, siswa sekarang ini tidak hanya mendapat pengetahuan dari buku dan sekolah, melainkan juga dari berbagai hal. Salah satunya adalah internet. Inilah mengapa peranan TIK dalam dunia pendidikan dinilai bukan hal yang sepele dan dapat diacuhkan begitu saja.

Baca juga : Peranan TIK Dalam Dunia Pendidikan Beserta Contohnya

Selain harus diberikan dengan mutu yang semakin bagus dari tahun ke tahunnya, pendidikan memang sejatinya juga harus mengikuti pergerakan zaman. Sekolah tidak boleh serta-merta melarang penggunaan alat teknologi seperti smartphone karena justru tidak akan memajukan para siswanya. Sikap terbaik adalah alat teknologi seperti itu diperbolehkan dibawa namun dengan pengawasan dan pengaturan yang baik. Pasalnya, tidak hanya sebagai penanda kemajuan zaman, penggunaan smartphone atau laptop juga dapat membantu guru dan siswa dalam memahami mata pelajaran TIK itu sendiri. Lalu, masihkah Anda tidak percaya dengan besarnya peranan TIK dalam dunia pendidikan Indonesia? Untuk itu, marilah kita membaca artikel berikut ini!

Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Sebelum membahas tentang pentingnya peranan TIK dalam dunia pendidikan, ada baiknya kita membahas tentang pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi itu sendiri. Jika menilik pada arti bahasa, teknologi atau yang dalam bahasa Yunani disebut Technologia merupakan suatu kata yang menggambarkan keahlian, skill, dan juga ilmu. Sedangkan jika menurut bahasa latin, teknologi adalah texere yang mempunyai arti membangun.

Adapun informasi merupakan sebuah kata yang berarti fakta tentang suatu hal. Jadi, bisa diartikan jika teknologi informasi adalah sebuah ilmu yang berisi tentang fakta akurat suatu data yang sudah diolah. Data tersebut bisa berupa tulisan, video, gambar, dan sebagainya.

Di dalam dunia pendidikan Indonesia, Teknologi Informasi dan Komunikasi atau yang disingkat TIK lebih dikenal dengan suatu keterampilan dalam menggunakan komputer. Sama halnya dengan kemampuan membaca dan menulis, kemampuan seorang siswa dalam mempelajari TIK juga diperhitungkan. Hal ini senada dengan kemauan UNESCO yang ingin semua negara di dunia ini, baik negara maju atau berkembang, memiliki akses TIK dengan fasilitas terbaik dalam dunia pendidikan mereka.

Peranan TIK Dalam Dunia Pendidikan

Bukan tanpa alasan mengapa UNESCO ingin pendidikan di suatu negara dapat mengakses TIK. Pasalnya, ilmu ini dapat membuat para generasi penerus bangsa paham akan teknologi yang sekarang ini semakin menguasai manusia. Diharapkan dengan adanya pembelajaran terhadap ilmu TIK, para siswa tidak hanya akan menjadi pengguna, namun juga dapat berkontribusi dalam memajukan umat manusia melalui teknologi itu sendiri.

Untuk itulah sekolah juga diharapkan dapat memberikan sumbangsih terbaiknya. Misalnya saja dengan mempekerjakan guru berpengalaman, menyiapkan alat-alat TIK, dan juga mendukung kreatifitas siswa dengan lomba-lomba.

Ada banyak alasan mengapa TIK sangat berperan penting dalam dunia pendidikan. Adapun alasan-alasan tersebut diantaranya adalah :

1. TIK sebagai Jembatan Ilmu

Dengan adanya TIK dalam pendidikan, maka diharapkan siswa mampu memahami tentang makna sesungguhnya dari pengaplikasian teknologi. Tidak hanya tahu bagaimana cara berkomunikasi dengan baik, siswa juga diharapkan mampu menyaring mana informasi yang relevan dan terpercaya. Dengan memahami TIK, siswa tidak akan mudah termakan hoax dan juga hal-hal yang sejatinya bisa dijelaskan dengan ilmu teknologi. Untuk itulah mengapa TIK dijadikan sebagai jembatan ilmu dalam dunia pendidikan, yakni penghubung antara dunia pendidikan konvensional dengan dunia pendidikan berbasis modern.

2. TIK sebagai Media Informasi

Selain sebagai jembatan ilmu, peranan TIK dalam dunia pendidikan Indonesia juga sebagai media informasi. Salah satu contohnya adalah internet. Dengan adanya internet, para siswa dapat mengakses banyak informasi terkait pembelajaran. Tidak seperti dulu yang mana siswa harus belajar dari buku, datang ke perpus, atau bertanya ke guru, di zaman sekarang ini siswa sangat dipermudah dalam cara belajar. Mereka dapat mengakses maupun bertanya materi sekolah melalui aplikasi, internet, atau bisa juga ke perpustakaan online. Apalagi sekarang banyak terdapat video-video tutorial di Youtube yang selain informatif, juga menyenangkan.

Tidak hanya mencari informasi, siswa juga bisa memanfaatkan internet sebagai media tugas. Jika dulu guru sering memberi PR melalui papan tulis, sekarang ini PR sudah bisa dibagi melalui email, chat, atau bahkan fitur-fitur di aplikasi online lainnya.

3. TIK Membantu Kreatifitas Anak

Dengan berkembangnya TIK di dunia pendidikan, tak ayal banyak perlombaan yang akhirnya diadakan. Mulai dari perlombaan tingkat sekolah, daerah, hingga nasional sering memasukkan ilmu ini dalam materi lombanya. Pesertanya pun juga tak sedikit. Hal ini menandakan jika TIK memang memiliki posisi penting dalam dunia pendidikan.

Bahkan jika kita menoleh ke berbagai prestasi membanggakan anak bangsa, mereka dapat menjuarai beberapa event perlombaan dalam bidang teknologi dengan skala internasional. Tentunya hal ini dapat menjadi cara tersendiri dalam memaju motivasi dan kreatifitas anak.

4. TIK Meratakan Pendidikan

Dengan adanya TIK terutama internet, komputer, dan lain sebagainya, dunia pendidikan Indonesia lebih merata. Negara yang juga merupakan kepulauan ini memiliki luas yang tidak bisa dijangkau hanya dengan jalur darat saja. Untuk memeratakan pendidikan, pihak Pemerintah harus menjangkau siswa-siswa di daerah dengan jalur laut dan udara. Namun dengan adanya TIK, informasi yang sejatinya didengar setelah melalui proses perjalanan panjang bisa diberikan hanya dalam hitungan detik saja. Itulah mengapa TIK juga dikatakan memudahkan kehidupan umat manusia. Bahkan, kini ada pula sekolah yang menerapkan sistem pembelajaran online, misalnya Home Schooling. Meski masih banyak juga anak-anak di pelosok yang belum terjangkau akses ini, namun sejatinya Pemerintah terus berupaya membenahi tatanan pendidikan agar seperti yang UNESCO inginkan.

5. Pengurangan Pemanasan Global

Selain mempermudah dalam sekolah, TIK juga dapat membantu menyelamatkan dunia dari pemanasan global. Pasalnya, pengurangan penggunaan kertas dalam aktivitas sehari-hari di dunia pendidikan mampu mengurangi penebangan pohon itu sendiri. Jadi selain mempermudah belajar, TIK juga menyelamatkan Bumi itu sendiri.

Demikianlah ulasan kali ini tentang pentingnya peranan TIK dalam dunia pendidikan. Memang, kemampuan suatu bangsa juga diukur dari tingkat keberhasilan pendidikannya. Oleh sebab itu, adanya TIK diharapkan dapat membantu pendidikan di tanah air menjadi lebih baik lagi.

Tidak hanya meningkatkan kualitas sumber daya, namun TIK juga diharapkan mampu meningkatkan taraf kehidupan agar lebih baik lagi nanti ke depannya. Nah, salah satu cara termudah untuk mencapai semua itu adalah dengan memanfaatkan TIK. Mulailah dengan menyediakan komputer dan membiarkan siswa belajar menguasainya. Jika siswa sudah tertarik, maka sudah bisa dipastikan pembelajaran yang dilakukan juga akan terasa menyenangkan. Semoga bermanfaat!