Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Git Bagi Web Programmer

manfaat git bagi web programmer
Jauh sebelum adanya Git, seorang Web Programmer bisa memiliki banyak project walaupun pada dasarnya project tersebut adalah sama alias 1 project. Hal ini terjadi karena sebuah aplikasi pasti memerlukan perubahan (update) sesuai kebutuhan.

Syukur-syukur jika programmer tersebut adalah orang yang rapi dan mampu mengarsipkan berkas projectnya dengan tertata. Bagaimana jika tidak? Pastilah project tersebut bisa terhambat bahkan terhenti begitu saja.

Kini semua itu bisa diatasi semenjak hadirnya sebuah layanan yang sangat luar biasa. Layanan tersebut adalah Git.

Pengertian Git

Git adalah salah satu alat/sarana yang digunakan dalam sebuah proyek pengembangan perangkat lunak dimana Git bisa digunakan sebagai sebuah tempat penyimpanan source file dalam bentuk version.

Dengan bentuk version maka sang programmer bisa senantiasa mengembangkan aplikasi/software buatannya tersebut tanpa khawatir source file pada versi sebelumnya menjadi tertimpa dan hilang/rusak.

Ilustrasinya begini: Seorang programmer membuat sebuah project software kemudian software tersebut berhasil dan stabil. Pada saat adanya perubahan atau update maka source file yang sudah stabil perlu disimpan dengan baik dengan memanfaatkan Git. Setelah tersimpan, programmer tersebut bisa membuat eksperimen tambahan pada aplikasi tersebut tanpa khawatir aplikasinya menjadi rusak dan kacau balau. Jika hasil eksperimen berhasil, maka source coding hasil eksperimen dapat digabungkan kembali menjadi master.

Bisa dibayangkan jika setiap perubahan/update project tanpa menggunakan Git tetapi menggunakan teknik Save As.. maka akan banyak sekali file atau folder akibat perubahan versi tersebut.

Git dibuat oleh Linus Torvalds. Dan Git ini sangat umum disebut dengan layanan VCS (Version Control System)

Manfaat Git

Selain bisa digunakan sebagai pengontrol sistem versi (VCS), git juga dimanfaatkan untuk kolaborasi antara 1 web programmer dengan web programmer lainnya.

Dengan memanfaatkan Git, setiap web programmer dapat bekerja masing-masing sesuai tugasnya tanpa harus berbagi file karena dengan Git semua kolaborator mendapatkan file yang sama.

Dan jika ada salah 1 yang melakukan update maka programmer lain pun akan mendapatkan source file yang sama.

CPanel Sudah Mendukung Git

Salah satu manfaat Git adalah untuk anda yang berprofesi sebagai seorang web developer maka fitur ini sangat terasa sekali manfaatnya.

Dengan hanya 1 kali klik pada sebuah menu di halaman CPanel dari sebuah hosting maka aplikasi web yang dibuat bisa terinstall di hosting tersebut tanpa harus melakukan upload melalui FTP.

Belajar Git Mudah Atau Sulit?

Bagi anda yang masih sebagai web programmer pemula, jangan khawatir ketika ingin memanfaatkan Git. Karena untuk mempelajari Git sangatlah mudah. Yang penting ada keinginan kuat untuk belajar serta rajin membaca kemudian dipraktikkan sendiri.

Demikianlah artikel Manfaat Git Bagi Web Programmer ini dibuat. Semoga bermanfaat