Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mendaftar PPDB Online 2019 Agar Lancar

Tips Mendaftar PPDB Online 2019 Agar Lancar
Tips Mendaftar PPDB Online 2019 Agar Lancar - Tidak terasa kegiatan UN dan UNBK untuk seluruh tingkat mulai dari SMP/MTs hingga SMA/SMK/MA telah usai pada 25 April 2019 yang lalu. Kini kegiatan PBM di sekolah pun kembali seperti biasa.

Selain kegiatan Proses Belajar Mengajar (PBM) seperti biasanya, agenda kegiatan yang akan dilaksanakan di setiap sekolah adalah pelaksanaan PAS (Penilaian Akhir Semester) Genap tahun pelajaran 2018/2019 juga siap dilaksanakan sebagai penutup kegiatan belajar mengajar.

Setelah kegiatan PAS tersebut dilaksanakan yang diakhiri dengan kegiatan pembagian buku rapor maka kegiatan selanjutnya yang tidak kalah penting yaitu kegiatan PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) 2019/2020.

Pada tahun 2019 ini atau dalam kalender pendidikan disebut Tahun Pelajaran 2019/2020, pemerintah dalam hal ini adalah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI menerbitkan peraturan baru terkait kegiatan PPDB 2019 yakni Permendikbud No 51 Tahun 2018 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Khususnya terkait Jalur Zonasi, Jalur Prestasi dan Jalur Perpindahan Orang tua/Wali.

Berdasarkan Peraturan Menteri tersebut bahwa pelaksanaan menggunakan sistem daring (online) dan luring bagi yang tidak memiliki fasilitas jaringan.

Pada artikel ini akan diuraikan Tips Mendaftar PPDB Online 2019 Agar Lancar sehingga proses yang dilaksanakan nanti tidak menjadi kendala yang mengganggu.

Tips Mendaftar PPDB Online 2019 Agar Lancar


1. Pahami Mekanisme PPDB 2019
Dalam Permendikbud No.51 Tahun 2018 telah diatur beberapa mekanisme PPDB 2019 yakni Jalur Zonasi, Jalur Prestasi dan Jalur Perpindahan Orang tua/wali.

Mekanisme Jalur Zonasi melaksanakan seleksi dengan menghitung jarak Sekolah ke tempat tinggal. Jika sekolah yang dituju dekat dengan domisili (sesuai KK) maka akan mendapatkan prioritas. Adapun jumlah calon siswa yang diterima melalui Jalur Zonasi adalah 90% dari kuota yang disediakan.

Jika berencana menggunakan Jalur Zonasi, maka yang perlu dipastikan adalah jarak antara rumah tempat tinggal ke sekolah. Cara mengetahui jarak tersebut anda bisa menggunakan google map. Untuk Jalur Zonasi sebaiknya disiapkan juga Kartu Keluarga beserta Surat Domisili yang resmi dan dilegalisir.

Mekanisme Jalur Prestasi melaksanakan seleksi dengan mengumpulkan data prestasi calon siswa. Adapun jumlah calon siswa yang diterima melalui Jalur Prestasi adalah 5% dari kuota yang disediakan.

Jika berencana menggunakan Jalur Prestasi, pastikan bahwa dokumen-dokumen bukti seperti piagam telah di siapkan dan di foto copy.

Mekanisme Jalur Perpindahan Orang tua/wali melaksanakan seleksi dengan mengumpulkan data perpindahan Orang tua/wali calon siswa. Adapun jumlah calon siswa yang diterima melalui Jalur Perpindahan Orang tua/wali adalah 5% dari kuota yang disediakan.



2. Mengetahui Informasi PPDB 2019 Secara Resmi
Pengumuman Resmi PPDB 2019 biasanya juga dirilis oleh sekolah-sekolah yang akan menjadi tujuan. Pastikan anda juga mendapatkan informasi akurat dari sekolah tersebut untuk menghindari informasi keliru. Informasi-informasi tersebut yang penting adalah jam kerja panitia, jadwal pendaftaran, mekanisme seleksi, kuota yang diterima.

3. Siapkan Berkas
Bukan tidak mungkin pada saat pelaksanaan PPDB berkas yang dibutuhkan sulit dicari. Jadi untuk menghindari hal-hal tersebut ada baiknya disiapkan lebih awal. Berkas-berkas yang biasanya dibutuhkan adalah foto copy akta kelahiran, foto copy kartu keluarga serta foto copy surat keterangan lulus.

4. Menyiapkan Peralatan Pendukung Pendaftaran
Dikarenakan PPDB 2019 menggunakan sistem online ada baiknya anda sudah mengetahui alamat situs yang dituju untuk pendaftaran. Atau jika menggunakan aplikasi Android sebaiknya sudah terinstall di smartphone anda. Pastikan koneksi internet yang digunakan untuk mengakses laman tersebut juga lancar.

Kesimpulan
Dalam proses pendaftaran PPDB baik online maupun offline harus membutuhkan persiapan yang matang dan cermat. Hal ini menghindari hambatan-hambatan pada saat proses pendaftaran dan sebagainya. Anda pasti tidak ingin proses pendaftaran siswa baru melalui PPDB Online dengan jalur-jalur yang telah diuraikan diatas menjadi terhambat dan menyita waktu. Oleh karena itu persiapan sejak awal sebaiknya sudah disiapkan.

Demikianlah artikel Tips Mendaftar PPDB Online 2019 Agar Lancar ini dibuat. Semoga dengan adanya artikel ini proses mendaftar PPDB 2019 secara online dapat terlaksana dengan baik dan lancar. Salam TIK.