Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peranan TIK Dalam Dunia Pendidikan Beserta Contohnya

Peranan TIK Dalam Dunia Pendidikan Beserta Contohnya
Peranan TIK Dalam Dunia Pendidikan Beserta Contohnya - Teknologi Informasi dan Komunikasi saat ini sangat cepat perkembangannya. Bahkan hampir diseluruh lini kehidupan manusia sehari-hari terdapat sentuhan TIK didalamnya.

Baca juga : Memahami Pentingnya Peranan TIK dalam Dunia Pendidikan Indonesia

Dunia pendidikan di era industri 4.0 saat ini termasuk yang sudah mengintegrasikan TIK dalam setiap kesempatan. Baik dari sisi Pemerintah hingga masyarakat belajar sebagai pengguna akhir.

Peranan TIK dalam dunia pendidikan sebenarnya sudah bisa terlihat secara luas dan gamblang. Sebut saja salah satunya adalah Dapodik atau Data Pokok Pendidikan.

Semenjak adanya Dapodik semua data menjadi lebih baik dan tertata rapi. Mulai dari data siswa hingga data tenaga pendidik. Dengan adanya Dapodik, pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI menjadi lebih mudah dalam melihat situasi sekolah sehingga kebijakan pun dapat diambil dengan data yang akurat.

Baca juga : Pengertian Komputer Yang Harus Anda Ketahui

Pada tingkatan satuan pendidikan atau sekolah, peranan TIK juga mempunyai arti yang sangat besar dalam Proses Belajar Mengajar dan Proses Penilaian. Setidaknya dua hal tersebut yang paling mungkin dilaksanakan di level sekolah.

Berikut ini beberapa contoh Peranan TIK Dalam Dunia Pendidikan yang saat ini sudah banyak diterapkan dan bisa dikembangkan menjadi lebih besar lagi.

Contoh Peranan TIK Dalam Dunia Pendidikan


1. Dapodik
Siapa pun sebagai warga belajar pasti pernah mendengar istilah Dapodik atau Data Pokok Pendidikan. Dengan tagline Salam Satu Data, Dapodik adalah salah satu sumber data terbaik yang dimiliki oleh Kementerian Pendidikan RI. Bagaimana tidak, pada aplikasi Dapodik semua data disajikan secara rinci baik dari sisi Peserta Didik hingga Tenaga Pendidik.

Dengan adanya Dapodik, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI bisa mengambil langkah-langkah strategis dalam menentukan kebijakan dan penetapan. Misalnya menetapkan jumlah Peserta Didik yang mendapatkan beasiswa, menetapkan Tenaga Pendidik sebagai penerima tunjangan sertifikasi yang berdasarkan jumlah jam wajib serta rombel dari tiap sekolah.

Dapodik adalah salah satu contoh Peranan TIK sebagai sistem pendukung keputusan.

Baca juga : Tips Mengisi Dapodik Agar Status Info GTK Menjadi Valid


2. Ujian Berbasis Komputer
Dalam proses penilaian siswa, pelaksanaannya pun kini sudah mengintegrasikan TIK. Jika dulu sebelum TIK sangat mudah diakses, peranan TIK dalam proses penilaian hanyalah sebatas untuk mengetik naskah soal. Kini Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) khususnya dalam proses Penilaian Siswa mengambil peran baru yaitu sebagai alat pelaksana ujian yang pamor disebut dengan CBT (Computer Based Test)

Bahkan yang lebih menggembirakan lagi bahwa beberapa aplikasi CBT yang digunakan oleh sekolah ternyata dikembangkan oleh guru-guru Indonesia yang super kreatif.

Baca juga : 3 Aplikasi CBT Gratis Untuk Ujian Sekolah

Dalam event berskala Nasional proses penilaian siswa pun sudah menggunakan CBT atau yang biasa disebut dengan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer).

3. E-Rapor
Setelah proses penilaian dilaksanakan maka output kegiatan tersebut berupa Nilai pencapaian siswa setiap semester. Nilai-nilai tersebut merupakan kompilasi dari penilaian-penilaian yang dimulai dari Ulangan Harian, Penilaian Tengah Semester hingga Penilaian Akhir Semester.

Kini dengan adanya TIK, nilai-nilai tersebut tersimpan secara digital melalui aplikasi yang direkomendasikan oleh Kementerian Pendidikan RI yakni E-Rapor.

Dengan adanya E-Rapor, nilai-nilai siswa dapat terarsip dengan baik dan rapi sehingga dapat diakses kapanpun oleh pihak yang berkepentingan.

E-Rapor adalah salah satu contoh peranan TIK sebagai pendukung manajemen pembelajaran.

4. Pembelajaran Daring
Sebelum kecepatan internet yang layak seperti saat ini, pembelajaran daring hanyalah sebatas mimpi. Kini semua bisa diakses kapan saja dimana saja. Dengan adanya pembelajaran siswa terjadi komunikasi 2 arah (interaktif) yang mampu memangkas jarak dan waktu.

Terlebih lagi dengan terjangkaunya smartphone sehingga bisa dimanfaatkan sebagai alat untuk mengakses Pembelajaran secara daring secara mobile.

Pembelajaran Daring adalah salah satu contoh dari peranan TIK sebagai Infratruktur Pembelajaran.

Baca juga : Blog Sebagai Media Pembelajaran

5. Website Sekolah
Publikasi informasi yang memanfaatkan teknologi informasi mempunyai kecepatan luar biasa. Dalam hitungan detik informasi yang dikirim dapat diterima oleh publik. Website Sekolah mempunyai peranan sebagai media informasi sekolah kepada publik.

Dengan adanya website sekolah, pihak-pihak yang berkepentingan dapat senantiasa memantau dan mengetahui informasi sekolah secara langsung tanpa ada batasan waktu dan tempat.

Baca juga : Membangun Website Sekolah Menggunakan Blogspot

Kesimpulan
Peranan TIK dalam Dunia Pendidikan tidak bisa diabaikan bahkan dihindari. Bahkan sangat penting untuk diintegrasikan. Tentu saja tetap dengan prinsip bahwa teknologi informasi adalah sebuah alat bantu.

Segala hal yang dilaksanakan dalam kegiatan dunia pendidikan yang akhirnya membebani tenaga pendidik dapat digantikan dengan teknologi. Dan selanjutnya para guru/tenaga pendidik dapat fokus membina dan menguatkan karakter peserta didik untuk menjadi manusia dengan daya saing dan karakter yang kuat.

Demikianlah artikel Peranan TIK Dalam Dunia Pendidikan Beserta Contohnya ini dibuat semoga bermanfaat. Salam TIK.