Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Buku Panduan Aplikasi RKAS Dana BOS

Download Buku Panduan Aplikasi RKAS Dana BOS
Download Buku Panduan Aplikasi RKAS Dana BOS - Menjelang pelaksanaan Proses Belajar Mengahar (PBM) Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia merilis sebuah aplikasi yang dinamakan Sistem Informasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS).

Aplikasi Sistem Informasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) ini sebenarnya sudah dibuat sejak tahun 2018.

Perencanaan program BOS meliputi dua kegiatan utama yang dilakukan oleh kepala sekolah bersama Tim Manajemen BOS sekolah yaitu mengidentifikasi kebutuhan sekolah dan menyusun Rencana Anggaran Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS).

Dalam mengidentifikasi kebutuhan sekolah, kepala sekolah dan Tim Manajemen BOS sekolah perlu menentukan kondisi sekolah saat ini. Salah satunya dengan melakukan evaluasi diri.

Dengan melakukan evaluasi diri akan menunjukkan kinerja sekolah misalnya, bagian yang mengalami perbaikan atau peningkatan, bagian yang tetap, dan bagian yang mengalami penurunan.

Hal ini penting dilakukan karena dana BOS merupakan sumber utama bagi sekolah untuk memenuhi biaya penyelenggaraan sekolah, dan kebijakan pemerintah mengharuskan BOS menjadi sarana penting untuk meningkatkan akses dan mutu pendidikan dasar yang bermutu.

Setelah mengidentifikasi kebutuhan sekolah sesuai hasil evaluasi diri yang dilakukan oleh sekolah, maka kepala sekolah bersama Tim Manajemen BOS sekolah dapat menyusun Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) berdasarkan hasil evaluasi diri sekolah. Dalam penyusunan RKAS, kepala sekolah dan Tim Manajemen BOS sekolah harus memperhatikan ketentuan-ketentuan dari masing-masing sumber dana. Sangat dimungkinkan suatu program dibiayai dengan subsidi silang dari berbagai pos atau sumber dana.

Aplikasi RKAS (Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah) merupakan sebuah sistem informasi yang dibuat untuk menangani masalah manajemen keuangan sekolah mulai dari proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, pengawasan atau pengendalian.

Dengan sistem yang terdistribusi diharapkan berbagai pihak yang terlibat mampu berkoordinasi dengan baik. Adapun capaian output terakhir yang diberikan sistem informasi ini adalah pelaporan, dimana setiap report yang dihasilkan sudah disesuaikan dengan format yang dikeluarkan pemerintah.
Download Buku Panduan (PDF) Aplilasi RKAS Dana BOS
Demikianlah artikel Download Buku Panduan Aplikasi RKAS Dana BOS ini dibuat semoga bermanfaat. Jangan ragu untuk selalu mengunjungi duniatik.com untuk mendapatkan artikel-artikel terbaru. Salam TIK