Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Setting Tenda O3 Sebagai Klien

Cara Setting Tenda O3 Sebagai Klien
Cara Setting Tenda O3 Sebagai Klien - Tenda O3 adalah salah satu perangkat favorit duniatik.com. Hal ini dikarenakan kemudahan setting dan tentunya harga yang terjangkau. Pada artikel ini akan dibahas bagaimana cara melakukan setting pada Tenda O3 jika dijadikan sebagai klien penangkap sinyal wifi.

Baca juga : Cara Setting Wifi Tenda O3

Untuk mempermudah pembahasan dalam artikel ini duniatik.com tampilkan terlebih dahulu topologi jaringan yang akan digunakan :

Jika diperhatikan dari rancangan tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa IP Address yang didapat oleh PC Klien adalah IP Address modem yang sudah diatur sebagai IP Static sehingga Tenda O3 memiliki peran sebagai penangkap sinyal saja.

Baca simulasi yang lain : Cara Konek NanoStation Loco M2 Ke Tenda O3

Tutorial Cara Setting Tenda O3 Sebagai Klien


1. Aktifkan browser (Chrome/Firefox), buka alamat IP Default Tenda O3 : 192.168.2.1

2. Isi username dan password pada saat login Tenda O3

3. Pada halaman Quick Setup, pilih menu Station (Client), kemudian klik Next

4. Pada pengaturan selanjutnya adalah Quick Setup - Station, Tenda O3 akan melakukan Scan / Site Survey sinyal wifi yang tersedia. Pilih Sinyal/SSID yang direncanakan untuk dikoneksikan. Kemudian klik Next



5. Pada bagian Key, diisikan password Wifi dari sinyal yang diambil. Klik Next

6. Pada bagian ini bisa diabaikan saja. Klik Next

7. Pada bagian ini Tenda O3 akan melakukan proses penyimpanan setting dan diakhiri dengan Reboot perangkat dan tunggu beberapa saat hingga proses booting selesai.

8. Atur IP Address dari PC Klien yang terhubung dengan Port LAN Tenda O3. Tampak IP Address mengikuti segmen dari perangkat wifi pemancar.

9. Lakukan pengujian dengan PING ke gateway dan PING ke DNS Google

10. Jika hasil PING berhasil maka koneksi Tenda O3 ke Wifi pemancar sudah berhasil dan dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Pada tutorial selanjutnya, duniatik.com akan membahas memanfaatkan fitur WISP pada Tenda O3 dimana fitur ini adalah salah satu fitur unggulan dari Tenda O3.

Demikianlah artikel/tutorial Cara Setting Tenda O3 Sebagai Klien. Semoga artikel ini bermanfaat. Salam TIK.