Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Soal e-Xam Caraka Menggunakan e-Xam Editor

Cara Membuat Soal e-Xam Caraka Menggunakan e-Xam Editor - Salah satu kelebihan dari aplikasi cbt gratis e-Xam Caraka adalah dalam pembuatan soal bisa dilakukan dimana saja tanpa harus terhubung dengan server. Hal ini dikarenakan e-Xam Caraka memiliki tool resmi yang dikhususkan untuk membuat butir soal yaitu e-Xam Editor.

Baca juga : 3 Aplikasi Gratis Untuk Ujian Sekolah

Untuk dapat menjalankan aplikasi e-Xam Editor anda harus terlebih dahulu mengunduh dan menginstall aplikasi ini di komputer/laptop. Link unduh e-Xam Editor bisa anda klik disini.

Sebelum anda membaca langkah-langkah pembuatan butir soal menggunakan e-Xam Editor, duniatik.com merekomendasikan kepada anda untuk membaca artikel sebelumnya : Cara Membuat Mapel Ujian Di e-Xam Pustaka

Tutorial Membuat Soal e-Xam Caraka Menggunakan e-Xam Editor


1. Jalankan aplikasi e-Xam Editor, akan tampil sebagai berikut :

2. Untuk membuat berkas baru, klik Proyek - Berkas Baru.

3. e-Xam editor akan otomatis meminta anda untuk melakukan penyimpanan file. Tentukan nama file dan tempat penyimpanan yang mudah untuk dicari/diakses kembali. Untuk ekstensi file, e-Xam Editor menghasilkan ekstensi .exp

4. Tampilan antar muka e-Xam Editor

5. Klik Skema kemudian klik kanan pada Klasifikasi Kompetensi B, pilih Sub kompetensi baru

6. Isi dengan nama Mapel. Kemudian klik OK

7. Untuk menambahkan opsi jawaban (default hanya 4 opsi jawaban) klik Kelola - Pengaturan Proyek. Kemudian pilih jumlah opsi jawaban yang akan digunakan. Klik Rekam

8. Klik pada Sub Kompetensi, kemudian pilih kompetensi yang telah dibuat pada langkah 6.

9. Untuk membuat Pertanyaan/Soal klik pada tulisan Soal kemudian dibagian Elemen klik Teks

10. Ketik soal/pertanyaan pada kolom yang telah disediakan. Untuk isian pertanyaan/soal bisa dilakukan dengan copy paste dari ms word. Klik Rekam jika sudah selesai.

11. Lakukan cara yang sama untuk mengisi jawaban pada opsi jawaban. Untuk kunci jawaban selalu berada pada Pilihan A. Dan pada saat ujian, opsi jawaban akan diacak oleh sistem.

12. Selain teks, anda juga bisa menyisipkan gambar atau multimedia. Klik Rekam pada navigasi jika sudah selesai untuk 1 butir soal.

13. Untuk menambah butir soal klik tanda berikut ini :

Anda bisa juga membaca tutorial lain e-Xam Caraka di Kumpulan Tutorial e-Xam Caraka

Demikianlah Tutorial Cara Membuat Soal e-Xam Caraka Menggunakan e-Xam Editor ini dibuat. Semoga bermanfaat. Salam TIK.