Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Mapel Ujian Di e-Xam Pustaka

Cara Membuat Mapel Ujian Di e-Xam Pustaka
Cara Membuat Mapel Ujian Di e-Xam Pustaka - Pada artikel ini akan diuraikan cara mengatur e-Xam Pustaka untuk menentukan Mata Pelajaran yang akan diujikan menggunakan aplikasi CBT e-Xam Caraka.

Jika anda belum mengetahui tentang e-Xam Caraka dan ingin memulai belajar menggunakan e-Xam Caraka, duniatik.com rekomendasikan kepada anda untuk membaca Kumpulan Tutorial e-Xam Caraka.

Salah satu perbedaan aplikasi CBT e-Xam Caraka dengan aplikasi yang lain adalah dalam pengelolan/pembuatan Mata Pelajaran yang akan diujikan. Pembuatan mata ujian dilakukan pada sistem terpisah yang disiapkan secara online. Berikut ini langkah-langkah Membuat Mapel Ujian Di e-Xam Pustaka.

Baca juga : 3 Aplikasi CBT Gratis Untuk Ujian Sekolah

Cara Membuat Mapel Ujian Di e-Xam Pustaka


1. Pastikan laptop/komputer anda terhubung dengan internet

2. Buka alamat : http://pustaka.e-xam.id

3. Isi data akun yang telah disetujui pada saat registrasi. Jangan lupa isi Kode Keamanan dan klik Login

4. Jika berhasil login akan tampil sebagai berikut :

5. Pada bagian BANK DATA, klik Sunting Mata Ujian
Pada contoh ini dipilih Ujian Harian, pilihan berikutnya adalah Kemdikbud Spektrum 2018 dan untuk Kode Kompetensi dipilih Multimedia Modul A = 067WM301A untuk kode lainnya bisa anda lihat di : Daftar Kode Kompetensi Untuk Mapel Ujian e-Xam Caraka

6. Klik Filter dan jika tidak ada kesalahan pada Kode, akan tampil sebagai berikut :
Klik Buat entri Mata Ujian ini maka hasilnya adalah sebagai berikut kemudian klik ikon Save

7. Lakukan langkah 5 - 6 untuk modul lain. Misal 067WM301B untuk menghasilkan Modul B Multimedia

8. Klik Bank Soal pada bagian BANK DATA. Bisa terlihat ada 2 Mata Pelajaran yang telah dibuat dan disiapkan sebagai Mapel Ujian.
Pada gambar diatas terlihat Jumlah Soal masih 0. Hal ini dikarenakan soal belum diupload dari e-Xam Editor.

9. Setelah 8 langkah tersebut diatas telah selesai maka selanjutnya anda dapat melakukan upload soal ke e-Xam Pustaka melalui e-Xam Editor. Oleh karena itu butir soal harus dibuat terlebih dahulu yang tutorialnya bisa anda baca di : Cara Membuat Soal e-Xam Caraka Menggunakan e-Xam Editor

Demikianlah artikel Cara Membuat Mapel Ujian Di e-Xam Pustaka ini dipublikasikan. Semoga memberi manfaat dan membantu anda dalam mengelola aplikasi e-Xam Caraka. Salam TIK.