Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar Membuat Aplikasi Android Sederhana Menggunakan APP Inventor

Belajar Membuat Aplikasi Android Sederhana Menggunakan APP Inventor
Belajar Membuat Aplikasi Android Sederhana Menggunakan APP Inventor - Halo warganet pada kesempatan ini duniatik.com akan berbagi sebuah tutorial menarik yaitu cara membuat aplikasi berbasis android menggunakan APP Inventor.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa Smartphone Android adalah gadget yang paling banyak dimiliki masyarakat Indonesia. Bahkan pada tahun 2018 berdasarkan informasi dari Tech In Asia Indonesia, pengguna Smartphone di Indonesia telah mencapai 100 juta pengguna.

Berdasarkan jumlah tersebut tidak bisa kita abaikan begitu cepatnya kenaikan jumlah pengguna tersebut. Dengan jumlah yang bisa dipastikan akan naik setiap tahunnya maka tantangan selanjutnya adalah menyiapkan konten pada smartphone agar bisa menjadi manfaat bagi pengguna.

Untuk membuat aplikasi smartphone berbasis Android, seorang programmer/developer bisa menggunakan aplikasi yang disarankan oleh Android itu sendiri yaitu menggunakan Android Studio.

Namun sayangnya untuk mempelajari cara menggunakan Android Studio bukanlah hal yang mudah. Ditambah lagi untuk menjalan aplikasi Android Studio membutuhkan spesifikasi komputer yang tinggi.

Pada kesempatan ini duniatik.com akan berbagai sebuah alternatif untuk membuat aplikasi Android sederhana tanpa menggunakan Android Studio. Aplikasi tersebut bernama APP Inventor. Dengan aplikasi ini aplikasi-aplikasi sederhana berbasis Android dapat dibuat dengan lebih mudah. Oleh karena itu yuk sama-sama kita belajar membuat aplikasi Android menggunakan APP Inventor.

Kelebihan APP Inventor
1. Tidak perlu menginstall aplikasi di komputer/laptop
2. Hanya membutuhkan browser, direkomendasikan adalah google chrome
3. Mudah dipahami
4. Gratis

Cara Membuat Aplikasi Android Sederhana Menggunakan APP Inventor


1. Pastikan anda telah memiliki akun gmail yang aktif. Karena untuk login awal menggunakan akun gmail.



2. Buka browser anda, disarankan menggunakan google chrome

3. Buka alamat sebagai berikut : http://ai2.appinventor.mit.edu

4. Jika tampil sebagai berikut, pilih akun google anda maka akan otomatis menuju halaman selanjutnya.
5. Pilih I accept the terms of service

6. Jika tampil sebagai berikut (Survei), silahkan pilih salah satu. Jika anda tidak ingin mengisi survei bisa memilih Never Take Survey

7. Jika tampil sebagai berikut, itu artinya bahwa anda telah berhasil login.

8. Untuk membuat aplikasi baru, pilih Start new project

9. Buat nama project yang diinginkan. Dalam penulisan nama project tidak menggunakan spasi

10. Setelah diisi dan klik OK, akan tampil sebagai berikut :
tampilan aplikasi APP Inventor

11. Pada bagian Properties, ganti Title Screen 1 dengan teks yang lain. Dalam contoh diganti dengan Dunia TIK. Adapun fungsi dari Title adalah untuk menampilkan tulisan pada bagian atas di setiap halaman. Jika Title Visible tidak dicentang, maka bagian atas tersebut tidak tampil/tidak aktif.
Sedangkan fungsi dari ScreenOrientation adalah untuk menentukan Posisi Layar pengguna. Dalam contoh ini dipilih Portrait yang artinya jika smartphone di putar maka layar tidak melakukan rotasi.

Fungsi Sizing adalah untuk menentukan ukuran layar, dalam hal ini Fixed diganti dengan Responsive yang artinya bahwa tampilan akan mengikuti ukuran layar.

12. Untuk menyimpan pekerjaan yang telah dilakukan, klik Menu Project - Save Project

13. Pada bagian Palette, pilih Label dan drag ke area kerja

14. Pada bagian Components, klik Label 1, kemudian pada bagian Properties atur Width = 90%, text diganti dengan yang anda inginkan.
15. Lakukan save project

16. Pilih Build - Save .apk to my computer

17. Secara otomatis aplikasi APP Inventor akan melakukan pembuatan APK, kemudian file APK tersebut akan terunduh secara otomatis juga.

18. Kirim file apk tersebut ke smartphone anda, kemudian install dan coba jalankan untuk melihat hasilnya. Semoga berhasil. Jika terdapat kesulitan dalam mempraktikan tutorial ini silahkan disampaikan melalui komentar pada bagian bawah artikel ini.

Demikianlah artikel Belajar Membuat Aplikasi Android Sederhana Menggunakan APP Inventor ini dibuat semoga bermanfaat dan akan dilanjutkan pada tutorial lainnya yang masih ada kaitannya dengan aplikasi APP Inventor. Salam TIK.