Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Cara Meningkatkan Penonton Youtube dan Mempercepat Monetize

Tips Cara Meningkatkan Penonton Youtube dan Mempercepat Monetize
Cara Meningkatkan Penonton Youtube dan Mempercepat Monetize - Semenjak adanya peraturan baru Youtube, ternyata banyak hal yang berubah. Khususnya para creator yang melakukan aktifitas reupload.

Berkaca dari hal tersebut sebenarnya sudah cukup mudah untuk diterjemahkan. Youtube memberlakukan peraturan ini untuk memperbaiki siklus Youtube itu sendiri. Baik bagi advertiser maupun bagi creator.

Nah dengan adanya peraturan tersebut maka sebenarnya telah terbuka peluang-peluang baru dalam memanfaatkan kreatifitas creator untuk mengembangkan channelnya.

Jika anda adalah seorang creator youtube pemula atau biasanya disebut Youtuber, maka artikel ini cocok untuk anda sebagai referensi. Berikut ini beberapa tips untuk meningkatkan Jumlah Penonton Youtube dan Mempercepat monetize Youtube.

Tips Cara Meningkatkan Penonton Youtube dan Mempercepat Monetize

Berikut ini adalah beberapa Tips Cara Meningkatkan Penonton Youtube dan Mempercepat Monetize yang dapat anda lakukan untuk mengembangkan Channel Youtube anda.

1. Buat Video Original

Video original adalah video yang diharapkan Youtube. Ingat youtube loh, bukan penonton. Nah disinilah letak perbedaannya. Jika yang anda kejar adalah subscriber atau jumlah viewer maka rencana membuat video original bisa pupus.

Channel pertama dan video pertama dengan video original yang biasa-biasa saja pasti akan membuat akan kecewa. Karena penonton yang anda harapkan tidak akan banyak. Beda alasannya jika anda melakukan upload video hanya untuk mendokumentasikan, maka jumlah penonton bisa anda abaikan.

2. Konsisten Upload

Dengan membuat video original, maka selanjutnya yang dibutuhkan adalah Konsistensi. Maksudnya adalah anda harus rutin mengupload video original anda. Akan lebih bagus lagi jika video original anda adalah video viral yang ditunggu penonton. Sebut saja sebagai contoh adalah Channel Pak Ndul Ahlinya ahli heheheheh.....

Channel tersebut adalah channel hiburan komedi dan merupakan video original. Dan ternyata disukai penonton oleh karena itu melakukan upload secara konsisten menjadi adrenalin tersendiri bagi para content creator dibalik channel tersebut.

3. Konten Unik

Tidak bisa dipungkiri, video viral adalah video yang paling cepat menyedot penonton dan subscriber baru. Jadi buatlah video yang berbeda dari yang lain walaupun genre yang dipilih sama.

4. Lakukan Promosi

Selain memiliki video yang original serta menarik bahkan unik, promosi tetap perlu dilakukan. Bisa dengan cara melakukan share melalui akun media sosial lain. Dampak yang didapat melalui promosi mungkin tidak secepat yang anda inginkan, namun setidaknya anda telah mencoba mengenalkan channel ke orang lain. Harapannya adalah orang tersebut merekomendasikan channel anda kepada kenalannya.

5. Jangan Melanggar

Sebelum menjadi content creator di Youtube, ada baiknya anda harus mengetahui dan mempelajari kebijakan yang diatur oleh Youtube. Dengan memahami peraturan maka anda akan merasa aman untuk berkarya.

Banyak channel yang kena penalti bahkan banned oleh google. Masalahnya adalah tidak mengetahui kebijakan yang berlaku. Jadi sebaiknya jika serius mendalami di youtube, kebijakan pun harus anda pahami dengan sungguh-sungguh.

6. Komentar Di Channel Lain

Silahkan anda memberi komentar yang tulus pada channel orang lain yang lebih ramai. Berilah komentar dengan tulus. Sebaiknya jangan anda tambahkan kata-kata memohon untuk subscribe balik. Biarkanlah channel anda di subscribe oleh penonton yang benar-benar setia menunggu karya anda.

7. Memberikan Give Away

Beberapa channel pada event tertentu memberikan give away. Bisa berupa barang atau bentuk lain sebagai bentuk terima kasih kepada penonton. Cara ini juga mampu menarik minat penonton di channel anda. Tapi anda juga jangan baper, karena tipe penonton pemburu give away juga banyak.

8. Desain header dan Thumbnail Yang Bagus

Untuk mempercantik tampilan channel anda, buatkah grafis header dan thumbnail yang menarik. Namun tidak disarankan untuk melakukan click bait, dimana antara content dan gambar thumbnail tidak terkait. Hal ini termasuk pelanggaran kebijakan youtube.

Demikianlah Tips Cara Meningkatkan Penonton Youtube dan Mempercepat Monetize ini dibuat semoga bermanfaat dalam mengembangkan channel anda menjadi lebih baik dan besar lagi. Salam TIK.