Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membangun Website Sekolah Menggunakan Blogspot

membangun website sekolah menggunakan blogspot
Website Sekolah Menggunakan Blogspot - Di era milenial saat ini, penyebaran informasi sangatlah cepat, tanpa batas waktu dan tempat. Hal ini didukung oleh pesatnya kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang biasa disingkat dengan TIK.

Dengan semakin majunya teknologi informasi maka mau tidak mau semua bidang dalam kehidupan manusia pun turut berubah. Termasuk bidang Pendidikan.

Kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada bidang Pendidikan sebenarnya cukup luas. Namun ada beberapa hal yang bisa dicermati perubahannya. Contoh kecil saja seperti Pembelajaran dengan Media Internet, Ujian Sekolah berbasis komputer dan lain sebagainya.

Semua hal tersebut adalah bukti nyata bahwa perubahan terus terjadi dalam bidang Pendidikan. Oleh karena itu semua elemen yang terlibat dalam Bidang Pendidikan juga harus beradaptasi dengan perubahan tersebut bahkan ikut menjadi inisiator pada satuan pendidikannya masing-masing.

Hal sederhana saja seperti website sekolah yang memiliki peran penting dalam penyebaran informasi dan profil sekolahpun sudah bergeser trendnya. Jika dulu untuk memiliki sebuah website sekolah maka banyak hal yang dipikirkan mulai dari pembuatnya hingga menentukan operatornya.

Kini hal tersebut harus diubah karena esensinya bahwa sebuah website memiliki fungsi sebagai gerbang informasi ke dunia luar melalui internet. Jadi, website sekolah pun harus bermakna yang sama yakni sebagai Pusat informasi Sekolah kepada masyarakat umum melalui internet.

3 Manfaat Website Bagi Sekolah

Dengan memiliki website resmi, sebuah satuan pendidikan dapat mengambil banyak manfaat. Namun dari semua manfaat positif yang diperoleh, ada 3 manfaat yang besar yang perlu diketahui. Diantaranya adalah :
  1. Sebagai pusat informasi sekolah kepada masyarakat
  2. Sebagai pusat informasi dan promosi Profil Satuan Pendidikan
  3. Sebagai pusat sumber belajar bagi siswa dan guru

Membangun Website Sekolah Menggunakan Blogspot

Salah satu platform web yang populer adalah Blogspot. Dengan kemudahan penggunaan serta biaya yang murah bisa menjadi alternatif bagi sekolah yang ingin membangun sebuah website sekolah berbasis blogspot ini.

Berikut ini langkah-langkah yang perlu dilakukan oleh pihak sekolah untuk memiliki website sekolah dengan menggunakan Blogspot :

1. Siapkan Sebuah Domain
Harga domain sangatlah terjangkau. Sebut saja untuk domain TLD .com bisa didapatkan dengan harga $10/tahun. Namun duniatik.com sarankan sebaiknya sebuah website sekolah menggunakan tld resmi yang dianjurkan pemerintah yaitu tld sch.id yang dikelola oleh PANDI. Adapun harga domain sch.id berkisar Rp 60.000,-/tahun

2. Membuat Blog di Blogspot
Setelah memiliki domain resmi maka langkah selanjutnya adalah membuat akun di blogspot. Cukup dengan modal akun GMAIL maka akun blogspot pun segera anda miliki. Tutorial cara membuat blog melalui blogspot bisa anda cari di mesin pencari.

3. Menautkan Domain ke akun Blogspot
Langkah ketiga ini adalah merupakan penggabungan langkah 1 dan 2. Dengan berhasilnya penautan domain ke akun blogspot maka domain sekolah yang sudah aktif dapat diakses sehingga akan tampil website sekolah dengan menggunakan blogspot. Tutorial cara menautkan domain ke akun blogspot dapat anda baca di : Cara Termudah Setting Custom Domain Blogspot di Jagoan Hosting.

4. Mengganti Tema Blogspot
Dalam urusan tampilan, blogspot memiliki banyak sekali tema-tema yang ciamik. Namun karena ini adalah website untuk sekolah, sangat disarankan memilih tema yang cocok dan sesuai. Tema blogger atau tema blogspot terdapat 2 macam yakni tema gratis dan tema premium. Untuk referensi pembelian tema bisa anda baca artikelnya di : Template Blogger Terbaik 2019 Dengan Harga Terjangkau. Sedangkan tutorial cara mengganti tema bisa anda baca di : Cara Ganti Tema Blogspot Yang Benar.

Dengan 4 langkah tersebut diatas maka pihak sekolah kini dapat memiliki sebuah website sekolah yang mudah untuk dikelola. Jika anda adalah kepala sekolah atau operator sekolah yang ingin memiliki website sekolah dengan cara memanfaatkan blogspot namun masih kebingungan untuk memulai darimana, anda bisa berdiskusi dengan duniatik.com melalui halaman kontak.

Demikianlah artikel Membangun Website Sekolah Menggunakan Blogspot ini dibuat semoga bermanfaat. Salam TIK.