Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Step By Step Belajar SEO Untuk Blogger Pemula

Step By Step Belajar SEO Bagi Blogger Pemula
Step By Step Belajar SEO Bagi Pemula adalah artikel pertama duniatik.com di tahun 2019. Artikel ini juga tak lepas dari ramainya pembahasan SEO di hasil pencarian oleh tribunnews.com pada grup blogger di Facebook.

Faktanya mengulas SEO atau Search Engine Optimization bisa anda dapatkan dari mesin pencari namun kadang dalam penyampaiannya malah membuat pusing heheheh.

Oke disini akan kita coba ulas dengan gaya bahasa yang mudah agar para blogger pemula bisa lebih paham tentang SEO.

Baca juga : Beberapa Fase Yang Harus Dilewati Seorang Blogger

Pengertian SEO

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yang berarti : tindakan yang dilakukan pada blog untuk menghasilkan artikel yang tampil di halaman 1 pencarian google.

Jadi intinya SEO adalah teknik atau tindakan yang kita lakukan agar artikel atau blog yang kita kelola bisa nangkring di halaman 1 alias page one.

Kenapa harus di halaman 1 ? 

Jawabannya adalah :
1. Jika pembaca sudah menemukan yang dia butuhkan maka tidak perlu ke halaman selanjutnya.
2. Jika artikel kita berada di halaman satu, 90% pasti dikunjungi oleh pengunjung baru

Jawaban tersebut diatas adalah jawaban umum dan jawaban yang paling masuk akal sehingga mau tidak mau para blogger perlu menguasai SEO.

Seperti apa teknis pelaksanaan SEO? Teknik SEO dibagi dalam 2 cara yakni : SEO On Page dan SEO Off Page.

SEO On Page

Adalah teknik yang dilakukan pada blog yang berfokus pada artikel agar menjadi berbobot sehingga bisa bersaing kuat pada hasil pencarian.

Adapun tindakan yang dilakukan pada SEO On Page adalah :
1. Pada judul artikel terdapat keyword yang diincar
2. Pada gambar terdapat ALT Teks yang mengandung kata dari keyword khususnya gambar pertama
3. Pada URL terdapat keyword
4. Pada paragraf pertama sudah ada keyword
5. Internal link yang wajar
6. Konten yang relevan dengan jumlah kata
7. Isi konten mudah dibaca
8. Penerapan H1 dan H2 pada topik dan sub topik
9. Menghilangkan/memperbaiki broken link
10. Riset keyword

SEO Off Page

Adalah teknik yang dilakukan pada blog agar mendapat link dari luar. Salah satunya yang biasa disebut dengan Backlink.

Backlink adalah sebuah link atau tautan dari web/blog lain yang membahas artikel sejenis. Contoh artikel tentang resep masakan maka sebaiknya mendapatkan backlink dari artikel yang serupa.

Tidak semua backlink mampu mengangkat blog untuk menjadi nomor 1 di halaman google. Karena yang bisa melakukan itu hanya backlink yang berkualitas.

Backlink yang berkualitas adalah backlink yang berasal dari sebuah web/blog yang memiliki reputasi bagus. Untuk mengetahui reputasi sebuah blog/web bisa diketahui melalui pengecekan nilai DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority). Salah satu alat untuk mengecek DA PA secara online adalah smallseotools.

DA PA yang mempunyai nilai tinggi tidak menjamin untuk meningkatkan kualitas artikel, karena ada faktor Spam Score yang juga harus diwaspadai.

SEO Untuk Blogger Pemula

Dari ulasan diatas maka ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh seorang blogger pemula. Lakukanlah tahapan-tahapan secara sistematis dan tidak terburu-buru. Tahapan tersebut adalah :
1. Buatlah blog dengan konten yang menarik. Gunakan gaya bahasa yang mudah dipahami.
2. Perbaiki struktur blog dimulai dari tema. Pilih tema yang memiliki kecepatan loading sedikit (fast loading) dan responsive
3. Lakukan riset keyword agar membentuk pondasi kuat bagi blog
3. Kerjakan SEO On Page
4. Kerjakan SEO Off Page

Lakukanlah langkah-langkah tersebut diatas dengan bertahap, jangan terburu-buru. Setelah penerapan sebuah tahapan lakukan analisa. Setelah analisa baru anda lanjutkan langkah lain sehingga pada akhirnya anda akan memahami urutan kerjanya.

Selain itu aktifitas menulis blog memang membutuhkan semangat dalam menghadirkan tulisan yang bermanfaat. Jangan tergoda untuk melakukan copy paste atau menggunakan tools yang ujung-ujungnya malah membuat isi artikel menjadi berantakan. Google semakin canggih kok, terbukti dengan rutin melakukan update algoritma. Jadi berfokuslah pada konten yang bermanfaat.

Baca juga : Tips Mencari Ide Menulis Di Blog

Demikianlah artikel Step By Step Belajar SEO Untuk Blogger Pemula ini dibuat semoga bermanfaat dan mampu memberikan pencerahan dalam mengembangkan kualitas blog menjadi lebih baik lagi. Salam TIK.