Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mengisi Dapodik Agar Status Info GTK Valid

Tips Input Dapodik Agar Status Info GTK Valid
Halo sahabat TIK. Pada artikel ini duniatik.com akan berbagi informasi cara Mengisi Dapodik Agar Status Info GTK Valid.

Sebagai seorang Operator Dapodik pada sebuah sekolah, peran dan tugasnya sangat penting bahkan menjadi sentral sumber data yang paling valid dan benar.

Data yang diinput pada aplikasi dapodik pun sangat banyak mulai dari data siswa, data sarana prasarana, data guru, sampai data pembelajaran.

Pada artikel ini duniatik.com lebih fokus pada Tips mengisi dapodik agar hasil status Info GTK seorang guru menjadi Valid karena sumber data Info GTK bersumber dari Dapodik. Simak uraian berikut ini.

Tips Mengisi Dapodik Agar Status Info GTK Valid

1. Input pembelajaran sesuai dengan jadwal dari kurikulum dan linieritas guru tersebut dengan Mapel Sertifikasinya

2. Hasil input pembelajaran linier guru mapel paling tidak mencapai 12 JJM (Jumlah Jam Mengajar)

3. Jika ternyata hasil pembelajaran linier guru mapel tidak tercapai 12 JJM maka Guru yang bersangkutan ditawarkan mengajar pada mapel lain yang linier dengan mapel sertifikasinya. Adapun tabel linieritas guru bersumber pada Permendikbud Nomor 46 Tahun 2016 TENTANG PENATAAN LINEARITAS GURU BERSERTIFIKAT PENDIDIK. Contoh Seorang Guru SMK memiliki Sertifikasi Profesi sebagai Guru Fisika dan untuk memenuhi 12 JJM maka bisa ditambah jam mengajar pada Mapel Prakarya dan Kewirausahaan.

Baca juga : Download Aplikasi Dapodik Terbaru Versi 2019

4. Jika poin 3 tidak terpenuhi maka Guru tersebut ditawarkan untuk mengemban Tugas Tambahan yang diakui 12 jam. Diantaranya adalah Wakil Kepala Sekolah, Kepala Perpustakaan, Kepala Laboratorium, Kepala Lab Multimedia/Lab Bahasa, Kepala Bengkel.

5. Jika poin 4 tidak terpenuhi maka Guru tersebut ditawarkan untuk melaksanakan tugas tambahan lain (Ekuivalen) seperti Wali Kelas, Pembina Ekskul, Pembina Osis, Guru Piket.

6. Jika poin 5 tidak terpenuhi maka Guru tersebut mencari sekolah yang kekurangan guru pada mata pelajaran yang sesuai dengan Mapel Sertifikasi.

Untuk mempermudah pemahaman catatan diatas, berikut ini contoh perhitungannya :
perhitungan jjm untuk memenuhi info gtk

7. Pada saat mengisi tugas tambahan guru pada daposik,pastikan Nomor SK terisi dengan benar minimal 10 karakter

8. Pastikan TMT terisi sesuai periode.

9. Kosongkan TST jika tugas tambahan masih berlaku/selesai

Jika sudah mengisi data pada dapodik jangan lupa lakukan Sinkronisasi. Hasil dari Info GTK biasanya membutuhkan waktu 1 minggu atau lebih setelah dilakukan sinkron.

Demikian artikel Tips Input Dapodik Agar Status Info GTK Valid ini dibuat semoga dapat bermanfaat bagi anda sebagai guru maupun operator dapodik.

Salam TIK. Salam Satu Data.