Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Pasang SSL Cloudflare Di Wordpress

tutorial pasang ssl cloudflare di wordpress
Sahabat TIK yang budiman, sejak tanggal 24 Juli 2018, Google resmi mengumumkan bahwa sebuah website yang diakses menggunakan google chrome tanpa ssl/https maka akan dianggap sebagai situs yang tidak aman. Nah loooo......

Perubahan kebijakan tersebut berimbas bahwa kita sebagai pemilik domain beserta webnya tentu tidak ingin bahwa web atau blog kita dianggap tidak aman sehingga membuat kunjungan pembaca jadi menurun. Oleh karena itu mau tidak mau SSL harus digunakan pada web/blog yang kita miliki.

Untuk pengguna blogspot tidaklah sulit karena prosesnya cukup mudah melalui menu pengaturan dasar. Jika blog anda yang berbasis blogspot belum beralih ke ssl/https sebaiknya segera lakukan pengaturan. Tutorial pengaturan tersebut bisa anda baca disini.

Sedangkan untuk pengguna wordpress akan saya jabarkan pada artikel ini. Namun sebelum praktik mengaktifkan ssl/https pada web/blog yang berbasis wordpress ada baiknya kita tambah wawasan mengenai ssl.

Pengertian SSL :
SSL Certificate adalah sebuah file data yang bekerja secara digital dan membuat website andaotomatis terenkripsi sehingga data anda tidak akan terbaca oleh hacker yang mencoba merentas website anda. Ketika diinstal pada server web, itu mengaktifkan gembok dan protokol https dan memungkinkan koneksi aman dari server web ke browser. (Sumber : https://www.jagoanhosting.com/pengertian-ssl)

Mengapa Kita Membutuhkan SSL Certificate?
SSL Certificate melindungi informasi sensitif Anda seperti informasi kartu kredit, nama pengguna, kata sandi, dll. Keuntungan yang kita dapatkan adalah :
- Menjaga keamanan data antar server
- Meningkatkan Google Ranking website Anda
- Membangun / Meningkatkan kepercayaan terhadap pelanggan
- Memperbaiki tingkat konversi traffic anda

Pada tutorial ini SSL yang digunakan adalah dari Cloudflare. Alasan menggunakan Cloudflare adalah karena layanan ini Gratis.

Tutorial Pasang SSL Cloudflare Di Wordpress :

1. Login ke akun cloudflare, kemudian pilih menu My Profile

2. Klik View pada bagian Global API Key

3. Copy kode tersebut dan paste sementara di notepad

4. Masih di cloudflare, pilih domain yang akan diaktifkan SSL nya. Kemudian klik tab Crypto. Pastikan pada bagian SSL yang aktif adalah Flexible
Pada bagian Always use HTTPS dalam keadaan aktif/on.

5. Sekarang beralih ke Dashboard Wordpress, install plugin Cloudflare

6. Aktifkan plugin Cloudflare kemudian pilih menu Settings pada Installed Plugin. Masukan Email akun cloudflare dan paste kan kode API Key yang sudah anda copy sebelumnya.

7. Klik Setting, pada bagian Automatic HTTPS Rewrites, pilih On

8. Kembali ke Dashboard cloudflare, pilih menu Page Rules kemudian isi dengan isian : http://*namadomain.com/* dan pilihan yang diaktifkan adalah : Always Use HTTPS dan klik Save and Deploy

9. Silahkan tutup browser wordpress anda kemudian akses kembali dan https pun aktif.

Demikianlah Tutorial Pasang SSL Cloudflare Di Wordpress semoga memberi manfaat bagi anda yang memiliki website/blog berbasis wordpress dengan fitur https. Salam TIK.