Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Lab Komputer Yang Baik

cara merawat lab komputer yang baik
Dalam dunia pendidikan, Lab Komputer merupakan salah satu ruang yang harus dimiliki oleh satuan pendidikan/sekolah/kampus. Peran Lab Komputer pada sebuah sekolah/kampus memiliki fungsi dan manfaat yang banyak selain sebagai tempat praktik pada pembelajaran TIK. Peran tersebut beralih dari hanya sekedar ruang praktik menjadi ruang yang menopang kegiatan di sekolah atau kampus. Kegiatan-kegiatan itu bisa berupa Pelatihan, In House Training, tempat uji kompetensi (TUK) dan lain-lain.

Baca juga : Pengertian Komputer Yang Harus Anda Ketahui

Dengan peran yang begitu penting maka patutlah dalam kondisi yang ideal sebuah Lab Komputer harus memiliki proses perawatan yang baik dan terencana sehingga peralatan lab komputer yang tersedia dapat selalu optimal untuk digunakan.

Cara Merawat Lab Komputer Yang Baik :

1. Progam Kerja Lab Komputer
Pelaksanaan perawatan serta penggunaan Lab Komputer akan menjadi lebih baik dan terencana jika terdapat Program Kerja Lab Komputer. Dengan adanya Program Kerja Lab Komputer, pengelola lab komputer termasuk Kepala Lab Komputer dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan lab komputer sehingga pada saat digunakan, kondisi dari lab komputer sudah optimal dan siap untuk digunakan.

2. Membuat Peraturan Lab Komputer
Dengan adanya Peraturan Lab Komputer maka semua pengguna dapat mengetahui hak dan kewajibannya dalam penggunaan peralatan serta fasilitas yang ada di lab komputer. Berikut ini beberapa poin penting dan wajib ada dalam membuat Peraturan Lab Komputer :
- Setiap pengguna lab komputer wajib memasuki ruang lab komputer sesuai jadwal yang telah ditentukan
- Pengguna dilarang membawa minuman atau makanan ke dalam ruang lab komputer
- Pengguna wajib menjaga kebersihan serta kerapian ruang lab komputer
- Pengguna dilarang merokok di dalam ruang lab komputer
- Pengguna dilarang melalukan instalasi aplikasi tanpa seijin dan sepengetahuan teknisi/pengelola
- Pengguna dilarang menggunakan lab komputer untuk bermain game

3. Membuat Daftar Inventaris Lab Komputer
Kepala Lab Komputer mempunyai tugas untuk membuat daftar inventaris lab komputer secara berkala, misal per-tahun. Tujuan dengan adanya daftar inventaris lab komputer adalah agar pada saat ada kegiatan pemeriksaan dari pemerintah maupun dari pejabat yang menangani bidang sarana prasarana, kepala lab komputer dapat selalu memberikan informasi daftar inventaris yang terbaru. Selain itu daftar inventaris lab komputer juga bisa menjadi dasar untuk mengajukan proposal pengadaan alat lab komputer.

4. Melaksanakan Perawatan Lab Komputer
Dalam proses melaksanakan perawatan lab komputer harus didasari pada jadwal perawatan lab komputer yang telah tertuang dalam Program Kerja Lab Komputer. Perawatan lab komputer terdiri dari dari beberapa macam yakni : perawatan perangkat keras, perawatan perangkat lunak, perawatan jaringan komputer lab, perawatan ruangan, perawatan jaringan listik serta perawatan pendingin ruangan.

5. Menyiapkan Peralatan Keselamatan Ruang Lab Komputer
Lab komputer adalah ruang yang secara langsung terhubung ke jaringan listrik sehingga perlu adanya peralatan keselamatan ruang lab komputer seperti alat pemadam kebakaran dan kotak P3K. Selain itu sebaiknya pada ruang lab komputer di bagian-bagian tertentu diberi label peringatan perhatian hati-hati.

6. Membuat Struktur Organisasi Lab Komputer
Dengan adanya struktur organisasi lab komputer maka tugas pokok dan fungsi (tupoksi) dari masing-masing orang dapat diketahui secara rinci agar mudah dalam melakukan koordinasi.

7. Membuat Administrasi Lab Komputer
Dengan adanya administrasi lab komputer maka kegiatan dan aktifitas yang terjadi dalam ruang lab komputer akan selalu senantiasa terpantau, hal ini bisa dilakukan dengan menyiapkan daftar hadir pengguna lab komputer sesuai jadwal yang telah direncanakan.

8. Memastikan Keamanan Ruang Lab Komputer
Hal penting yang juga wajib ada pada ruang lab komputer adalah keamanan. Keamanan yang dimaksud disini adalah keamanan terhadap peralatan/inventaris yang ada di dalam ruang lab komputer. Keamanan standar minimal adalah dengan memasang teralis pada jendela dan pintu. Akan lebih baik lagi jika ruang lab komputer difasilitasi dengan kamera CCTV dan dapat dipantau secara online.

Demikianlah artikel Cara Merawat Lab Komputer Yang Baik semoga bermanfaat terutama bagi anda yang mempunyai tanggung jawab untuk mengelola lab komputer sehingga lab komputer selalu senantiasa dapat digunakan dan optimal dalam waktu yang lama. Salam TIK.