Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Alat Yang Wajib Dimiliki Seorang Blogger

alat penting untuk membuat blog
Apa itu blog?
Blog merupakan singkatan dari web log yaitu bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan yang disebut sebagai posting pada sebuah halaman web. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Untuk tutorial membuat blog tidak akan saya bahas dalam tulisan ini. Anda bisa mencarinya di google.

Baca juga : Beberapa Fase Yang Harus Dilewati Seorang Blogger

Cara menjadi seorang blogger
Sebenarnya untuk menjadi seorang blogger sangatlah mudah. Rumusnya hanya dua yaitu Niat dan Action. Niat menjadi seorang blogger saja tidak cukup tanpa dibarengi dengan Action. Apa actionnya? Menulis.

Buat blog di blogspot
Untuk memulai menjadi seorang blogger buatlah blog di blogspot. Selain biaya yang murah, cara penggunaanya pun mudah, contohnya blog duniatik.com menggunakan blogspot.

3 alat yang wajib dimiliki seorang blogger :

1. Komputer/Laptop
Sebenarnya komputer/laptop ini tidak wajib untuk anda miliki sebagai seorang blogger pemula. Karena intinya adalah anda harus punya alat untuk mengetik/menulis artikel untuk blog. Anda bisa saja dengan memanfaatkan komputer/laptop gratis semisal di perpustakaan. Ketik artikel di notepad dan simpan di flashdisk.

2. Flashdisk
Alat ini sangat banyak gunanya, bahkan menurut saya sangat penting. Tidak masalah jika anda sudah memiliki laptop atau komputer. Jika tidak maka flashdisk lah nyawa dari tulisan anda. Semua ide, artikel dan sebagainya bisa anda simpan di flashdisk.

3. Smartphone
Pada jaman sekarang hampir semua orang memiliki smartphone. Dengan memiliki smartphone ada 2 hal yang bisa anda lakukan yang berhubungan dengan blog yakni untuk mengambil foto dan koneksi internet untuk mempublikasikan tulisan di blog. Tulisan anda di blog akan lebih bagus lagi jika didukung dengan foto-foto. Contohnya untuk anda yang memilih niche wisata.

Pembaca duniatik.com yang budiman, 3 alat yang saya sebutkan diatas hanyalah sebagai penunjang. Tujuan dari tulisan ini adalah untuk menyemangati blogger baru yang ingin serius dalam dunia blog.

Demikianlah tulisan 3 Alat Yang Wajib Dimiliki Seorang Blogger ini saya buat, semoga bermanfaat. Salam TIK.

Sumber gambar : Pixabay