Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mencari Ide Menulis Di Blog

tips menemukan ide menulis blog
Halo sahabat TIK, pada tulisan ini duniatik.com berbagi tips untuk mencari ide dalam menulis di blog. Yuk dibaca sampai habis ya...

Memiliki sebuah blog yang terawat dan rutin update dengan tulisan-tulisan baru merupakan impian semua blogger. Namun dalam perjalanannya banyak tantangan yang menghampiri salah satunya adalah ide.

Mencari ide ingin menulis apa pada blog sebenarnya punya kaitan erat dengan niche blog itu sendiri. Semakin niche blog anda sempit maka semakin sulit juga dalam mencari ide tulisan kecuali anda sangat menguasai bidang tersebut. Contohnya adalah duniatik.com yang hanya berfokus pada tutorial komputer, Review Gadget, Review Perangkat Komputer, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan seputar dunia pendidikan.

Berikut ini tips untuk mendapatkan ide menulis di blog :

1. Menguasai Niche
Tidak bisa dipungkiri bahwa niche blog menjadi arah konten blog itu sendiri. Pilihlah niche blog yang benar-benar anda kuasai. Bagaimana jika tidak ada niche? Gampang, solusinya adalah blog gado-gado seperti blog milik mas Timon yang isinya macam-macam.

2. Kembangkan Judul
Dari 1 judul anda bisa mengembangkan judul lain yang merupakan turunan dari judul tersebut. Contoh anda membuat judul tentang Smartphone. Dari judul tersebut anda bisa kembangkan jadi perbandingan smartphone, review penggunaan atau harga baru dan bekas di kota anda. Pada blog ini bisa anda lihat pada tulisan : Cara Setting Wifi Mercusys MW305R disana terdapat kalimat lokal yang saya link kan ke blog niche lokal.

3. Mainkan Niche Lokal
Maksudnya adalah dalam konten blog bisa selipkan juga konten lokal anda secara tidak langsung. Contoh seperti yang sudah saya sebutkan pada poin nomor 2 ada sebutan harga smartphone bekas di kota anda.

4. Blogwalking
Aktifitas ini adalah melakukan kunjungan ke blog orang lain yang untuk mencari informasi dengan ide yang sama atau berbeda. Pelajari tulisan blog tersebut kemudian buat dengan versi anda yang tentunya dengan tambahan-tambahan informasi berbeda blog tersebut. Aktifitas blogwalking juga sangat bermanfaat untuk menambah per-bendahara-an kalimat yang akan kita gunakan dalam penulisan blog.

5. Jangan Tunda Menulis
Terkadang ide bisa muncul begitu saja, kapan saja dan dimana saja. Nah pada saat itulah anda harus segera menulis. Jika sedang tidak berada di depan laptop, tulis sementara di smartphone anda melalui aplikasi catatan. Atau anda juga bisa langsung menulis di smartphone dengan aplikasi-aplikasi blogging melalui smartphone.

6. Simpan Sebagai Draft
Kehilangan ide bahkan bisa terjadi pada saat sedang asyik-asyiknya menulis. Untuk antisipasi simpan tulisan sebagai draft sehingga jika ide kembali hadir dan berkembang anda bisa melanjutkan menulis hingga selesai.

Tetaplah semangat dalam menulis di blog, karena menulis di blog membutuhkan kebiasaan bukan dipikir terlalu keras :)

Baca juga : Beberapa Fase Yang Harus Dilewati Seorang Blogger

Demikianlah beberapa tips dari duniatik.com dalam Mencari Ide Menulis di Blog. Semoga bermanfaat. Salam TIK.

Images by : Pixabay