Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial e-Xam Caraka - Langkah Persiapan

tutorial exam caraka
Pada era saat ini banyak hal yang telah berubah dalam dunia pendidikan. Salah satunya adalah pada proses pelaksanaan ujian yang menggunakan Ujian Berbasis komputer (UBK) atau Computer Based Test dari ujian tingkat sekolah hingga tingkat Nasional yakni UNBK atau Ujian Nasional Berbasis Komputer.

Baca juga : Kumpulan Tutorial e-Xam Caraka

Aplikasi yang digunakan dalam pelaksanaan ujian berbasis komputer kini telah beragam macamnya. Namun pada artikel ini duniatik.com memilih e-Xam Caraka sebagai aplikasi Ujian Berbasis Komputer yang bisa digunakan oleh sekolah-sekolah secara gratis.

Duniatik.com memiliki alasan tertentu dalam memilih aplikasi ini, diantaranya adalah :
1. Gratis
2. Berjalan pada Linux
3. Bisa dijalankan pada PC Desktop dengan spesifikasi rendah
4. Memiliki aplikasi untuk membuat soal yakni e-Xam Editor
5. Banyak pengguna dan memiliki forum di facebook

Namun sebelum memulai tahapan instalasi server e-Xam Caraka maka perlu melaksanakan Langkah Persiapan Instalasi e-Xam Caraka yang akan dijabarkan dalam beberapa tahapan berikut ini.

Tutorial e-Xam Caraka - Langkah Persiapan

1. Melakukan pendaftaran di laman resmi e-Xam Caraka , pilih menu Registrasi
tutorial e-xam caraka

2. Pada halaman selanjutnya yang anda lakukan adalah mengunduh file format pengajuan LUK. Ikuti petunjuk pengisian sebagai berikut :
tutorial exam caraka

3. Jika tidak ada kekeliruan anda akan menerima email dalam waktu 10 menit hingga 24 jam. Namun ada juga yang menerima lebih dari 1 hari. Sebagai saran, jangan lupa cek pada folder spam di email anda.

4. Setelah menerima email terkait persetujuan, kini anda harus login ke e-Xam Caraka melalui menu Akses Lembaga dan akan tampil sebagai berikut :
unduh reginfo e-xam caraka

Unduh file reginfo seperti tampak pada gambar diatas

5. Jika file reginfo sudah anda simpan, selanjutnya melalukan proses unduh file yang akan digunakan pada proses instalasi. Klik menu Unduh
Silahkan unduh dari nomor 1 sampai nomor 3. Sedangkan nomor 4 jika anda telah memiliki aplikasi virtualbox maka tidak perlu melakukan unduh.

Dengan langkah-langkah tersebut diatas maka proses persiapan instalasi e-Xam Caraka sudah selesai. Demikian artikel Tutorial e-Xam Caraka - Langkah Persiapan ini dibuat semoga bermanfaat. Salam TIK