Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pendaftaran SNMPTN 2018 Telah Dibuka

SNMPTN 2018

Kabar gembira bagi seluruh pelajar se-Indonesia khususnya pelajar tingkat SMA/SMK/MA/MAK yang saat ini duduk di tingkat XII.

Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti)  telah resmi membuka Pendaftaran SNMPTN 2018.

Berikut informasi umum yang disampaikan melalui laman resmi Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Tujuan SNMPTN adalah:

  1. Memberikan kesempatan kepada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Madrasah Aliyah (MA), atau yang sederajat di dalam dan luar negeri (Sekolah Republik Indonesia/SRI) yang memiliki prestasi unggul untuk menempuh pendidikan tinggi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN).
  2. Memberikan peluang kepada PTN untuk mendapatkan calon mahasiswa baru yang mempunyai prestasi akademik tinggi.


Persyaratan Siswa Pendaftar

  • Siswa SMA/SMK/MA atau sederajat (termasuk SRI di luar negeri) kelas terakhir pada tahun 2018 yang memenuhi persyaratan.

Memiliki prestasi unggul yaitu calon peserta masuk peringkat terbaik di sekolah (Pemeringkatan dilakukan oleh Panitia Pusat berdasarkan data PDSS), dengan ketentuan berdasarkan akreditasi sekolah sebagai berikut:

  1. akreditasi A, 50% terbaik di sekolahnya;
  2. akreditasi B, 30% terbaik di sekolahnya;
  3. akreditasi C, 10% terbaik di sekolahnya;
  4. belum terakreditasi, 5% terbaik di sekolahnya.
  5. Memiliki NISN dan terdaftar pada PDSS,
  6. Memiliki nilai rapor semester 1 sampai semester 5 (bagi siswa SMA/SMK/MA atau sederajat tiga tahun) atau nilai rapor semester 1 sampai semester 7 (bagi SMK empat tahun) yang telah diisikan pada PDSS.
  7. Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN (dapat dilihat pada laman PTN bersangkutan).
Kepala Sekolah atau yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah mengisi data sekolah dan siswa di PDSS harus melalui laman http://pdss.snmptn.ac.id

Semoga bermanfaat