Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Aplikasi Android Untuk Blogging

Blogging adalah aktifitas individu untuk mengekspresikan diri dan berbagi apa yang di ketahuinya di Internet melalui tulisan. Android sebagai sistem operasi yang berkembang pesat berkat ketersediaannya pada berbagai macam perangkat smartphone dan tablet serta jumlah aplikasi yang berkembang pesat yang juga tersedia di Google Play. Dengan makin besarnya inovasi yang memacu kemajuan teknologi dari ponsel dan aplikasi mobile, para blogger akhir-akhir ini ditawarkan kesempatan untuk tidak hanya blog on-the-go, tapi juga melakukan blogging di ponsel cerdas saat jauh dari komputer.

Berikut ini adalah 15 aplikasi Android gratis yang harus anda coba dan unduh jika anda adalah seorang blogger yang setiap saat selalu rutin memperbarui beberapa blog. Aplikasi ini tidak mengeluarkan biaya apapun alias gratis sehingga bebas untuk dicoba di smartphone Android anda.

1. WordPress 
Bagi seorang blogger pasti kenal dengan WordPress yang tidak diragukan lagi sebagai platform blogging paling populer di Internet. Aplikasi ini, dibuat kompatibel dengan blog WordPress yang di-host sendiri dan juga blog yang dihosting di WordPress.com. Aplikasi ini memungkinkan anda melakukan banyak tugas penting seperti membuat, mengedit dan mempublikasikan artikel, memoderasi komentar, memeriksa data analytics serta menerbitkan foto atau video yang diambil dengan kamera di ponsel Anda.
Wordpress
Wordpress
2. Blogger
Blogger adalah platform populer lainnya yang digunakan oleh banyak blogger pribadi. Jika anda memiliki blog di Blogger, maka anda pasti harus mencoba aplikasi ini. Namun, fungsi dari aplikasi ini masih sangat terbatas dibandingkan dengan aplikasi WordPress, sebenarnya hal ini membuat saya keheranan karena Google sendiri berada di balik aplikasi resmi layanan blogging mereka ini.
Blogger
Blogger
3. Tumblr
Sebagian blogger lebih memilih untuk mempertahankan blog Tumblr yang juga dikenal sebagai microblog, bukan blog full blog layaknya wordpress atau blogger. Ini karena fungsinya mengirim uraian pendek konten menarik seperti kutipan, video dan foto yang tidak banyak teks. Aplikasi ini, yang dibuat untuk blogger Tumblr, memiliki fitur yang berguna untuk mengeposkan konten, menjadwalkan posting, melihat dan membalas pesan, dan anda bahkan dapat mengelola beberapa blog Tumblr sekaligus dengan aplikasi ini.
Tumblr
Tumblr
4. Google Drive
Aplikasi Google Drive memungkinkan anda sebagai seorang blogger untuk menyimpan semua jenis dokumen termasuk dokumen word, excel, gambar, audio, video dan banyak lainnya di Cloud. Selain hanya menyimpannya, aplikasi akan menyinkronkan dokumen ini di beberapa perangkat yang ditautkan ke akun Google anda. Setelah disinkronkan, blogger bisa mengakses file mereka dimanapun mereka berada.
Google Drive
Google Drive
5. SwiftKey Keyboard
Ini adalah aplikasi impian bagi mereka yang bosan dengan kesalahan ketik dan tombol keyboard yang tampil kecil di tablet atau smartphone anda. SwiftKey Keyboard tidak hanya memperbaiki kesalahan ketik anda sendiri, namun juga menawarkan prediksi kata berdasarkan aktivitas mengetik sebelumnya. Anda bahkan dapat mempersonalisasikan prediksi kata dengan meminta keyboard untuk mempelajari pilihan kata-kata anda di Facebook, Twitter, Gmail dan posting blog.

Swiftkey Keyboard
Swiftkey Keyboard
6. Photo Editor
Dengan smartphone, kita bisa mengambil foto secara langsung dan menempelkannya ke posting blog kita segera atau dalam waktu dekat. Dengan aplikasi Photo Editor ini, anda dapat memotong, mengedit, dan mengubah ukuran foto anda dan juga menambahkan efek, teks dan gambar ke mereka.
Photo Editor
Photo Editor

Demikianlah artikel 6 Aplikasi Android Untuk Blogging. Semoga bermanfaat. Salam Blogging